Berlangsung Lancar, Jadwal Pelaksanaan Debat Kandidat di Dharmasraya Menuai Kritik


Ahad, 15 November 2020 - 17:43:58 WIB
Berlangsung Lancar, Jadwal Pelaksanaan Debat Kandidat di Dharmasraya Menuai Kritik Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Maradis MA

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Meskipun pelaksanaan Debat Publik Putaran I antar calon Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, berlangsung tertib dan lancar namun jadwal pelaksanaan yang berlangsung siang hari menuai kritik dari beberapa elemen masyarakat dan tim pemenangan di daerah itu. 

Dikatakan salah seorang wartawan di daerah itu, Muhammad Samin, berdasarkan informasi dan keluhan yang berhasil dihimpun dari berbagai pihak banyak kalangan menilai waktu pelaksanaan pada siang hari dirasa kurang tepat

"Sistem penayangan berbasis daring dan hanya bisa disaksikan dari gawai milik individu masyarakat, mengakibatkan banyak masyarakat tidak bisa menyaksikan kegiatan debat tersebut karena kultur sosio ekonomi masyarakat daerah ini tetap berkegiatan meskipun di hari libur, " ungkapnya, di Dharmasraya, Minggu (15/11). 

Padahal, lanjutnya, sasaran kegiatan debat seperti itu justru ditujukan bagi masyarakat sebagai bahan referensi sebelum menentukan pilihan nantinya. 

Jika tidak dievaluasi pada pelaksanaan debat berikutnya, dikhawatirkan tahapan penting karena bermuatan upaya untuk mencerdaskan masyarakat itu, akan tidak tercapai sesuai sasaran awal yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan itu dilaksanakan. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Maradis MA, berjanji akan mempertimbangkan waktu pelaksanaan debat dengan lebih memperhatikan faktor transfer informasi yang menyeluruh bagi masyarakat pemilih di daerah itu. 

"Kami sudah memiliki beberapa catatan yang akan dijadikan bahan evaluasi untuk kegiatan serupa yang  dijadwalkan akan berlangsung pada 29 November 2020, semoga perbaikan dan penyempurnaan yang dilakukan tersebut dapat lebih menjamin hak masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait visi misi masing-masing pasangan calon, " tutupnya. 

Sebelumnya, Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyelenggarakan kegiatan debat kandidat pertama sebagai rangkaian tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2020 di daerah itu, Minggu (15/11). 

Ketua KPU setempat, Maradis MA, dalam sambutannya pada kegiatan debat tersebut mengatakan, sebagaimana diatur oleh Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan Pilkada Serentak 2020, panitia harus memperhatikan beberapa hal termasuk pemenuhan standar protokol kesehatan bebas Covid-19, pada pelaksanaan kali ini. 

"Untuk menjaga kapabilitas, kualitas serta netralitas pelaksanaan debat tersebut, kami juga melibatkan dewan pakar dari kalangan Akademisi, yakni Dr. Riki Saputra, MA, Dr.Khairul Fahmi, SH,MH, Dr. Aidinil Zetra,S.IP.MA, Dr.Ilpi Zukdi,M.Pd. dan Hendri Navigator, S.Psi.I, " jelasnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]