Sebelum Hari Pencoblosan Pilkada, 87.836 Anggota KPPS Seluruh Sumbar akan Jalani Rapid Test


Ahad, 15 November 2020 - 18:40:14 WIB
Sebelum Hari Pencoblosan Pilkada, 87.836 Anggota KPPS Seluruh Sumbar akan Jalani Rapid Test Gebriel Daulay

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat memastikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak terjangkit Covid-19 dalam pemilihan serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Hal itu itu adalah upaya penerapan peraturan KPU nomor 13 tahun 2020 tentang Perubahan kedua atas Peraturan KPU nomor 6 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam corona virus disease 2019.

"Sebelum penyelenggaraan serentak nantinya, seluruh KPPS diwajibkan untuk melakukan rapid test," ujar Plt Ketua KPU Sumbar, Gebriel Daulay, Minggu (15/11/2020).

Dijelaskannya, poses penyelenggaraan mengikuti protokol kesehatan, petugas di lapangan juga dipastikan memakai (APD) Alat Pelindung Diri, begitu juga warga saat melakukan pencoblosan, panitia akan memastikan Prokes tetap berjalan.

"Jika sebelumnya proses penghitungan suara, masyarakat bisa menyaksikan langsung namun untuk Pilkada saat ini warga langsung boleh pulang, hal itu untuk membatasi penyebaran virus," terangnya lagi.

Sementara untuk jumlah KPPS yang akan melakukan rapid test nantinya, kata dia, sebanyak 87.836 orang yang akan bertugas di seluruh TPS yang ada di Sumatera Barat.

"Alasan dilakukan rapid test karena keterbatasan anggaran KPU dalam pelaksanaan Pemilu di masa pandemi. Rapid test, anggaran lebih murah," tandasnya.(*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]