Awas! Asteroid Apophis Berpeluang Menabrak Bumi


Senin, 16 November 2020 - 10:56:07 WIB
Awas! Asteroid Apophis Berpeluang Menabrak Bumi Ilustrasi asteroid dekati bumi. (MNews)

SAINS,HARIANHALUAN.COM-Dengan ukuran sekitar dua kali lipat dari Monumen Nasional (Monas),  sebuah  Asteroid raksasa dikabarkan bergerak semakin cepat menuju bumi.

Asteroid yang diberi nama Apophis tersebut dikabarkan bakal melewati bumi pada beberapa dekade ke depan. Namun, ancaman yang paling besar adalah asteroid itu diperkirakan bakal menabrak bumi pada 2068.

Asteroid tersebut dikabarkan memiliki ukuran dengan tinggi 300 meter, atau dua kali dari tinggi Monas. Peneliti dari Institut Astronomoy Universitas Hawaii (IfA) mengumumkan telah mendeteksi fenomena akselerasi Yarkovsky dari asteroid tersebut.

“Akselerasi ini berkembang dari kekuatan sangat lemah pada suatu benda akibat radiasi termal yang tidak seragam,” ujar para peniliti Oktober lalu, dikutip dari CNet, Senin (16/11).

Menurut peneliti, perubahan kecepatan tersebut karena efek dari sinar matahari. Meski begitu, mereka menilai tabrakan yang diperkirakan pada 2068, bisa saja tak terjadi karena berubahnya jalur asteroid tersebut seiring waktu.

Sebelumnya, para ilmuwan sempat berpikir bahwa skenario tabrakan dengan bumi pada 2068 tak akan terjadi.

Tetapi Astronom IfA, Dave Tholen menegaskan pada pengamatan terbaru terhadap asteroid Aphopis, skenario itu tetap harus dipikirkan.

“Pengamantan terbaru menunjukkan bahwa asteroid menjauh dari orbit gravitasi murni sekitar 170 meter per tahun, yang cukup untuk menjaga skenari tabrakan pada 2068,” ujarnya.

Apophis pertama kali ditemukan pada 2004, dan para ilmuwan telah merevisi apa yang mereka ketahui mengenai jalur yang akan dilewatinya, sering dengan semakin banyak data yang dikumpulkan.

Apophis akan mendekati bumi pada Jumat, 13 April 2029 dan akan terlihat dari sini dengan mata telanjang. Kunjungan tersebut akan membantu para astronom untuk mengetahui lebih jauh lintasannya di masa mendatang. (*)

 Sumber : Tempo.co /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]