Pemkab Pasaman Hibahkan Tanah Pembangunan Gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu


Senin, 16 November 2020 - 12:21:46 WIB
Pemkab Pasaman Hibahkan Tanah Pembangunan Gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu Yusuf Lubis

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Tak lama lagi, Kabupaten Pasaman akan memiliki gedung pelayanan haji dan umrah terpadu. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan kepada para calon jemaah haji dan umrah di daerah itu.

Pasalnya, Pemkab Pasaman baru-baru ini baru saja menghibahkan tanah seluas 1.000 meter persegi untuk pembangunan gedung pelayanan haji dan umrah terpadu. Tanah tersebut diserahkan kepada Kantor Wilayah Kemenag Sumatera Barat.

"Kita (Pemkab) sudah menghibahkan tanah milik pemkab seluas 1.000 meter persegi untuk pembangunan gedung pelayanan haji dan umrah terpadu. Penyerahan hibah tanah itu pada Rabu (16/9/2020)," ujar Bupati Pasaman, Yusuf Lubis di Lubuksikaping, Senin (16/12/2020).

Yusuf Lubis menambahkan, bahwa proses hibah tanah merupakan salah satu target dalam mencapai visi misi Pemerintah Kabupaten Pasaman, mewujudkan daerah yang agamis dan berbudaya.

"Kita sangat mendukung adanya gedung pelayanan haji dan umrah terpadu ini. Karena pelayanan kepada masyarakat merupakan fungsi yang diutamakan untuk mencapai tujuan kesejahteraan sebagai tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik," katanya.

Ia optimis pembangunan gedung pelayanan haji dan umrah terpadu itu nantinya akan meningkatan kualitas pelayanan publik terutama dalam pelayanan haji dan umrah di kabupaten itu.

"Adapun area lokasi tanah yang dihibahkan itu terletak di suatu Kawasan Pelayanan Publik (KPP) terpadu di Kecamatan Lubuksikaping. Di mana seluruh pelayanan masyarakat akan berpusat di lokasi tersebut," katanya.

Di lokasi itu, kata bupati yang akan mengakhiri masa jabatan pada 17 Februari 2021 nanti, telah berdiri Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor UKK Imigrasi kelas II Non TPI Agam.

"Kemudian direncanakan juga akan dibangun kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kantor KPU Pasaman. Kawasan itu sudah ditetapkan dengan keputusan bupati," tambah Yusuf Lubis.

Pihaknya berharap setelah penyerahan aset tanah, Kementerian Agama RI segera melakukan kegiatan pembangunan sehingga pelayanan haji dan umrah di Kabupaten Pasaman dapat segera dinikmati dan terselenggara dengan baik. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]