Amankan TPS Sesuai Protkes, 1.414 Petugas PAM TPS di Pasaman Diberi Pembekalan


Senin, 16 November 2020 - 14:14:42 WIB
Amankan TPS Sesuai Protkes, 1.414 Petugas PAM TPS di Pasaman Diberi Pembekalan Komisioner KPU Pasaman, Eria Candra memberi pembekalan kepada PAM TPS di Lubuksikaping.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 1.414 petugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) diberi pembekalan oleh KPU dan Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pasaman. Peningkatan kemampuan para Pam TPS ini penting agar Pilkada berlangsung aman.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Pasaman, Eria Candra mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya senantiasa menegaskan bahwa seluruh petugas di TPS harus bekerja professional, berintegritas dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"KPU Pasaman selalu menyosialisasikan, bahwa penerapan protkes dalam masa pandemi ini harus benar-benar diterapkan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Karena, PAM TPS merupakan garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujar Eria Candra, Senin (16/11/2020).

Dikatakan, adapun materi yang diberikan meliputi, tata cara pengamanan TPS untuk pemilihan bupati dan wakil bupati pasaman tahun 2020, wawasan kebangsaan petugas ketertiban TPS.

"Materi lainnya, tugas dan fungsi petugas ketertiban TPS, serta tata cara penerapan protokol kesehatan oleh petugas ketertiban TPS," ujarnya. Sebanyak 1.414 petugas PAM TPS itu akan ditempatkan di 707 TPS yang tersebar di 37 nagari dan 12 kecamatan.

Seperti, di Kecamatan Lubuksikaping 208 petugas, Simpati 60 petugas, Bonjol 142 petugas, Tigo Nagari 114 petugas, Duo Koto 162 petugas, Padang Gelugur 160 petugas.

Selanjutnya, Kecamatan Panti 164 petugas, Rao Selatan 114 petugas, Rao 116 petugas, Rao Utara 62 petugas, Mapattunggul 42 petugas dan Mapattunggul Selatan 64 petugas.

“Jadi, setiap TPS nantinya akan ditugaskan sebanyak dua orang Petugas Ketertiban TPS (PAM) dalam Pilkada Pasaman 2020,” katanya.

Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Kabupaten Pasaman, Aan Afrinaldi mengatakan, PAM TPS merupakan garda terdepan dalam menjaga kondusifitas keamanan wilayah membantu Babinkantibmas dan Babinsa, khususnya di tempat pemungutan suara.

"Kami berharap setelah Pembekalan ini. Petugas Ketertiban TPS bisa berperan aktif dalam menjaga keamanan ketertiban di masyarakat. Selain itu petugas juga wajib memberikan arahan kepada masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan,” tuturnya. (*) 

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]