Budidaya Bawang Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kubang Tangah di Era Pandemi


Senin, 16 November 2020 - 14:45:30 WIB
Budidaya Bawang Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kubang Tangah di Era Pandemi Penanaman bawang di Desa Kubang Tangah. (Foto: Fadilla Jusman)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Untuk memacu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19, pihak terkait di Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatra Barat, mendorong masyarakat untuk berbudidaya bawang.

Selain bisa dipanen dalam jangka waktu yang singkat, budidaya bawang juga memiliki perkembangan yang sangat pesat. Dalam hitungan 70 hari, panen bawang bisa mencapai sepuluh kali lipat dari bibit yang ditanam.

“Alhamdulillah, panen pertama menghasilkan 850 kilogram bawang di atas lahan seluas seperempat hektar, atau sepuluh kali lipat dari bibit yang kami tanam,” ungkap Ketua Kelompok Tani Guguak Pauh Desa Kubang Tangah, Zulkanadi.

Zulkanadi mengatakan, bersama sembilan anggota kelompok lainnya, dapat melakukan panen setelah masa tanam 70 hari atau dua bulan lebih sepuluh hari. Dalam pengembangannya, Kelompok Tani Guguak Pauh kembali melakukan penanaman sebanyak 300 kilogram bibit bawang, di atas lahan seluas satu hektar.

“Secara bertahap akan terus dikembangkan budidaya bawang yang kita lakukan,” katanya.

Kepala Desa Kubang Tangah, Rice kepada Haluan, Senin (16/11) mengungkapkan pihaknya sangat mendorong pengembangan budidaya bawang dengan memanfaatkan lahan pertanian kosong.

“Budidaya bawang ini masa tanam hingga panennya cukup singkat. Sehingga perputaran ekonomi petani lebih cepat, tentu ekonomi petani sangat terbantu dalam masa pandemi ini,” terang Rice.

Rice menargetkan, kelima dusun yang ada di Desa Kubang Tangah memiliki kebun budidaya bawang. Saat ini, desa membantu penyediaan bibit bagi masyarakat yang berkeinginan turut berbudidaya bawang.

Desa Kubang Tangah berada pada ketinggian 600 dari permukaan laut, dengan penduduk mencapai 1.500 jiwa dari 474 kepala keluarga, yang tersebar di lima dusun di atas lahan seluas 2.015 hektar.(*)

Reporter : Fadilla Jusman /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]