Inilah Daerah Paling Aman dari Dampak Tsunami di Kota Padang


Senin, 16 November 2020 - 15:52:45 WIB
Inilah Daerah Paling Aman dari Dampak Tsunami di Kota Padang Dok NBC News

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sumbar menjadi salah satu provinsi yang masuk zona rawan bencana gempa dan tsunami. Kendati demikian, ada kawasan khususnya di Kota Padang yang aman dari bencana tsunami karena lokasinya berada cukup jauh dari pantai, yaitu daerah Ampang.

Pakar gempa Universitas Andalas (Unand) Padang, Badrul Mustafa mengatakan, ada sejumlah daerah yang terdampak gempa 8,5 magnitudo yang disertai tsunami dari segmen Siberut, Kabupaten Kepulau Mentawai. Yakni, Pesisir Sumatera Barat mulai dari Pasaman Barat, Agam, Tiku, Padang Pariaman, Kota Padang, dan Pesisir Selatan. Air laut diprediksi naik hingga ketinggian sekitar 6 (enam) meter.

Badrul menyebutkan, di kota Padang saat ini batas aman tsunami berada di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umur (SPBU) Ampang. Kawasan tersebut merupakan jalur evakuasi bencana. Dia mencontohkan, ketika terjadi tsunami dan masyarakat berada di Pasar Pagi Jalan Raden Saleh, dengan berjalan pelan selama 25 menit maka sudah sampai dizona aman tsunami Ampang.

"Jika ukurannya kota Padang, batas aman tsunami itu ada di pom bensin Ampang. Kenapa daerah itu, karena ketinggian jalannya dari permukaan laut masuk 8 meter. Sedangkan, di simpang merah Alai baru 7 meter," kata Badrul saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Badrul menjelaskan, untuk Pesisir Barat ke Sumatera Barat ukurannya seperti itu, dan dampak tsunami dari segmen Siberut ini beda dengan Aceh. Tetapi, ke Srilanka, India, Madagaskar sama dengan Aceh karena tidak ada penghambatnya.

"Kalau di kota Padang masyarakat yang ada dizona merah ada 500 ribu jiwa. InsyaAllah bangunan yang ada memenuhi standar maka tsunami yang sampai ke Ampang paling cepat 25 menit," kata Badrul.

Dengan waktu 25 menit, Badrul menyarankan masyarakat melakukan evakuasi baik horizontal ataupun vertikal. Kalau horizontal berarti harus menjauhi pantai ke arah timur, sedangkan vertikal berarti mencari bangunan yang memenuhi standar, seperti bangunan berlantai dua.

"Di Padang misalnya gedung-gedung sekolah, SMA 1, SMK 5, SMP 25, hotel Mercure, escape building kantor Gubernur, Polda. Gedung tersebut sudah dipersiapkan untuk evakuasi," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]