BPOM Padang: Sebagian Besar Masyarakat Gunakan Produk yang Tak Layak di Pasaran


Senin, 16 November 2020 - 16:46:54 WIB
BPOM Padang: Sebagian Besar Masyarakat Gunakan Produk yang Tak Layak di Pasaran Kepala Balai POM Padang, Firdaus.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) mengungkapkan, hampir sebagian besar masyarakat menggunakan produk yang menjadi pengawasan BPOM. Yaitu, obat, kosmetika, obat tradisional, suplemen kesehatan, dan produk pangan olahan.

"Sehingga nantinya pasti banyak kejadian-kejadian masyarakat yang mereka perlu pertanyakan. Untuk itu dengan aplikasi Galeri Layanan Masyarakat dan Informasi (Galamai) akan memberikan pelayanan lebih cepat," kata Kepala Balai POM Padang, Firdaus saat diwawancarai awak media, Senin (16/11/2020).

Melalui aplikasi Galamai, kata Firdaus, masyarakat bisa bertanya dan pihaknya akan merespon dengan cepat selama jam pelayanan kantor. Aplikasi ini berbasis android ini bertujuan memudahkan layanan bagi masyarakat.

"Melalui aplikasi dimaksud, masyarakat pemohon layanan tidak perlu lagi bolak-balik atau datang ke kantor Balai POM dalam ketika mengakses layanan tertentu," ujar Firduas.

Firdaus menambahkan, layanan yang disuguhkan melalui aplikasi ini mulai dari layanan tanya jawab, pemeriksaan sampel obat dan makan, serta narkotika. Kemudian layanan pengurusan surat keterangan ekspor impor obat dan makanan, hingga laporan dari masyarakat.

Lebih lanjut, kata Firdaus, melalui aplikasi Galamai, pemohon layanan pemeriksaan sampel bisa mengecek perkembangan sampel yang diperiksa secara daring. Yang tak kalah penting, dengan hadirnya Galamai, juga mengurangi tatap muka antara petugas dan masyarakat sebagai pemohon, sehingga membantu mengurangi potensi penularan Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Sumaterta Barat, Arry Yuswandi berharap, kemudahan yang dihadirkan dalam aplikasi Galamai benar-benar dimanfaatkan. Sebab tidaklah mudah dalam mewujudkan aplikasi dimaksud, dari segi konsep hingga anggaran. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]