Pandemi Covid-19, Tak Mengurangi Masyarakat Sumbar Konsumsi Narkoba


Senin, 16 November 2020 - 17:08:54 WIB
Pandemi Covid-19, Tak Mengurangi Masyarakat Sumbar Konsumsi Narkoba Ilustrasi narkoba. Dok suara.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) mengungkapkan, pandemi virus Corona atau Covid-19 tidak mengurangi masyarakat di Sumbar menggunakan narkotika. Buktinya selama Covid-19 banyak sampel narkoba yang diuji BPOM.

Hal itu disampaikan Kepala Balai POM Padang, Firdaus saat diwawancarai awak media, Senin (16/11/2020).

"Ada uji sampel juga di aplikasi Galamai, kita juga melibatkan Polres kabupaten/kota karena mereka konsumen kita. Mereka banyak uji sampel khususnya narkoba apalagi diwaktu Covid," ujar Firdaus.

Sehingga pihaknya berinisiatif melakukan pengujian secara cepat dan pelayanan juga ditingkatkan. Dengan begitu, pihak kepolisian tidak bolak balik ke kantor BPOM. Mereka cukup dengan aplika Galamai, setelah itu baru dikirimkan sampelnya.

"Karena ini baru pertama, tahap awal baru sebatas memperkenalkan kepada stake holder terkait agar nanti mereka bisa menggunakan aplikasi," sebut Firdaus.

Lebih lanjut, kata Firdaus, dalam pengujian pihak ketiga dokumen diserahkan ke BPOM. Kemudian untuk sampel tersebut ada biaya dalan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), untuk memudahkan mereka dikasih billing yang bisa diprint diaplikasi.

"Nah, setelah mereka melakukan pembayaran melalu billing, sampel dikirim ke kantor. Setelah sampel dilakukan pengujian, mereka bisa melakukan traking terkait pengujian sampel tersebut, bisa diprint untuk langkah awal apakah tersangka itu ditahan atau tidak," jelas Firdaus.

Disamping meningkatkan pelayanan, kata Firdaus, juga mengurangi tatap muka antara petugas BPOM dengan konsumen. Wartawan juga bisa langsung bertanya lewat aplikasi Galamai tersebut.

"Dari standar layana yang dikeluarkan Balai POM maksimal keluar sampelnya 15 hari. Kota bisa melakukan pengujian dari 3 hari," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]