Pemilihan Serentak 9 Desember 2020, KPPS Mulai Bertugas 24 November Mendatang


Senin, 16 November 2020 - 18:29:46 WIB
Pemilihan Serentak 9 Desember 2020, KPPS Mulai Bertugas 24 November Mendatang Gabriel Daulay

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat memastikan seluruh petugas dipastikan sehat dan terhindar Covid-19.

"Dari aspek penyelenggara, kita sudah membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Untuk KPPS mulai bertugas pada 24 November 2020 sampai 3 Desember mendatang," sebut Plt Ketua KPU Sumbar, Gebriel Daulay,  Senin (16/11/2020).

Kemudian dua orang petugas ketertiban di masing-masing TPS, kata dia, juga sudah dibentuk dan masa kerjanya sama dengan KPPS. Kemudian untuk memastikan semua penyelenggara sehat, maka dilakukan rapid test.

"Semua petugas di lapangan kita lakukan rapid test, kalau hasilnya relatif, itu akan dilakukan tes swab," sebutnya lagi.

Kemudian terkait fungsi pencegahan, pencegahan dan penindakan adalah tugas Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). Sedangkan fungsi KPU tentu menyampaikan regulasi yang berkaitan dengan kampanye kepada peserta pemilihan.

"Peserta kampanye dalam hal ini adalah semua pasangan calon termasuk tim kampanyenya. Selain itu kita juga melakukan koordinasi dengan semua Satake holder seperti Bawaslu, Satpol PP dan gugus tugas Covid-19," terangnya lagi.

Sementara diberitakan sebelumnya, sebanyak  87.836 orang anggota KPPS akan dilakukan rapid tes menjelang dilakukan pemungutan suara dan rapid tes karena keterbatasan anggaran KPU.

"Rapid test dilakukan karena pelaksanaan pemilu di masa pandem dan kalau rapid tes ini kan lebih murah dibanding swab," terangnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]