Jalan ke Kawasan Wisata Silokek Memprihatinkan, Pemerintah Kemana?


Senin, 16 November 2020 - 23:28:39 WIB
Jalan ke Kawasan Wisata Silokek Memprihatinkan, Pemerintah Kemana? Tangkapan layar video kondisi jalan menuju kawasan Wisata Silokek yang memprihatinkan.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Sijunjung dikenal punya satu objek wisata alam yang rugi bila tak dikunjungi saat melancong ke Sijunjung yakni Geopark Silokek. Lokasinya berjarak sekitar 16 kilometer dari Muaro Sijunjung (Ibu Kota Kabupaten Sijunjung). Tepatnya, di Jorong Tanjung Medan, Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Saat ini, wisata geopark tersebut menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Sijunjung.

Tak sulit untuk sampai ke objek wisata alam itu. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat ibu kota Sijunjung. Selama perjalanan, pengunjung juga disajikan jalan yang berliku. Meski demikian, akses kendaraan cukup bagus dengan aspal yang mulus. Rasa lelah selama menempuh perjalanan akan terbayar ketika sampai di wisata alam ini. Tebing-tebing berbatuan menjulang tinggi tak kalah hebat menyita mata. 

Tebing berbatuan di Geopark Silokek tersebut konon kabarnya telah berusia ratusan tahun. Beberapa tebing berbatuan juga tampak berlubang. Pepohonan yang rindang di sisi kiri dan kanan menambah sejuknya udara di objek wisata alam Silokek. Keindahan alam yang eksotik ini sangat cocok bagi Anda melepas penat dari iruk pikuk kesibukan di ibu kota yang padat.

Di kawasan Geopark Silokek juga terdapat aliran sungai Batang Kuantan. Airnya yang deras juga cocok menikmati olahraga ekstrem arung jeram. Beberapa waktu lalu, di aliaran sungai ini juga diadakan iven arung jeram kelas dunia. Namun jangan heran, di Geopark Silokek tak akan ada jaringan seluler. Hal ini dikarenakan berada di balik perbukitan. 

Namun, ada hal yang membuat bergidik. Kondisi jalan ke kawasan Silokek sangat memprihatinkan. Bila hujan datang, jalan tersebut tak ubah seperti kubangan kerbau dengan lumpur yang menggenang dan sangat sulit dilalui oleh kendaraan. Seperti yang terlihat dari video yang dikirim oleh akun resmi Geopark Silokek @visitsilokek. Parahnya, belum ada campur tangan pemerintah setempat untuk mengatasi hal tersebut.

Dalam dua video yang dikirimkan kepada harianhaluan.com, terlihat kondisi di jalan masuk menuju tempat wisata tersebut sulit dilalui karena berlumpur dan licin. Satu unit truk yang akan melintasi jalan tersebut terpaksa berhenti dan dipandu oleh sejumlah masyarakat. Juga terlihat beberapa orang warga yang harus berjalan kaki meninggalkan kendaraan mereka karena tak bisa melewati lumpur. 

"Info terkini jalan menuju kawasan wisata silokek da min, belum ada tanggapan dari pemda," tulis akun tersebut pada direct message instagram harianhaluan.com, Senin (16/11/2020). (*)

Reporter : Agoes Embun /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]