Gempa M 6,3 Guncang Mentawai, Tidak Berpotensi Tsunami 


Selasa, 17 November 2020 - 10:09:31 WIB
Gempa M 6,3 Guncang Mentawai, Tidak Berpotensi Tsunami  Mentawai diguncang gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,3

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Mentawai kembali diguncang gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,3 pagi ini, Selasa (17/11) pada pukul 08:44:07 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa tersebut berada pada 2.87 Lintang SSelatan dan 99.07 Bujur TTimur  atau 109 km Barat Daya Tuapejat Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, terjadi pada Kedalaman 10 Km.

Nobel (36) warga Tuapejat saat dihubungi haluan.com mengatakan tidak merasakan adanya goncangan gempa, bahkan kata dia warga lain sekitarnya banyak yang tidak merasakan gempa. 

"Kebetulan memang saya sedang beraktivitas jadi tidak terasa goncangan gempanya, tetangga juga terlihat santai-santai saja. Sementara kondisi aman dan tidak ada yang mengungsi," tuturnya. 

Sementara itu Kepala Dusun Jati, Desa Tuapejat, Kec. Sipora Utara Yosrizal kepada harianhaluan.com mengatakan bahwa pihaknya merasakan guncangan namun tidak terlalu kuat, dari pantauannya warga pantai Dusun Jati tidak ada yang mengungsi, namun saat terjadi goncangan sebagian warga ada yang keluar rumah.

"Alhamdulillah situasi dan kondisi pasca gempa saat ini masih aman, dari pantauan warga tidak ada yang mengungsi. Memang berayun agak lama, tetapi tidak kuat. Mudah-mudahan tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, dan warga juga dihimbau waspada," paparnya. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai Amir Ahmari saat dihubungi harianhaluan.com melalui whatsapp pribadinya menyebutkan bahwa pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. 

"Untuk sementara masih aman, kita masih meninggu laporan dampak gempa yang terjadi pagi ini. Sebagian sudah melaporkan melalui whatsapp grup BPBD dengan kondisi Aman," terang Amir. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]