Terkait APK Paslon dengan Tanda Coblos Paku, Bawaslu Sumbar: Tidak Melanggar Aturan


Selasa, 17 November 2020 - 11:42:17 WIB
Terkait APK Paslon dengan Tanda Coblos Paku, Bawaslu Sumbar: Tidak Melanggar Aturan Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Terkait Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang difasiilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, ditetapkan tidak melanggar aturan.

"Walaupun ditetapkan tidak melanggar, namun pihak KPU diminta untuk melakukan peninjauan ulang terkait Baliho serta bahan kampanye lainnya," ujar Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Kemudian hal itu dibenarkan Plt Ketua KPU Sumbar, Gabriel Daulai, bahwasanya berdasarkan klarifikasi Bawaslu desain APK sudah sesuai aturan dan telah sesuai dengan prosedurnya.

"Desain dan materi APK itu ruang kreativitas masing-masing paslon yang penting tidak melanggar aturan," terang Gabriel.

Dalam desain itu, masing-masing paslon berhak menonjolkan tagline, menonjolkan nomor urut serta tanda coblos pada nomor urutnya. Kemudian hal itu sudah disepakati bersama semua paslon tersebut.

"Mohon bantuannya untuk menginformasikannya ke publik agar mereka tidak keliru memahami defenisi dan substansi alat peraga kampanye," ungkapnya lagi.

Sementara diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar telah menerima laporan dari warga Pauh sekaligus Alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) angkatan 2015, Hardian Feril terkait dengan baliho salah satu Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wagub Sumbar yang terpasang paku. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]