Kampung Digital, Cara Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Bikin UMKM Naik Kelas


Selasa, 17 November 2020 - 14:31:35 WIB
Kampung Digital, Cara Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Bikin UMKM Naik Kelas Narasumber dari PT Telkom menyampaikan materi pada pelatihan pemasaran produk UMKM di Pasaman.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dorong produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal menembus pasar global, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman gelar pelatihan operasional pemasaran secara daring (online).

Sosialisasi dan pelatihan pemasaran produk UMKM berbasis informasi teknologi (IT) menggunakan aplikasi Blanja.com milik PT Telkom Tbk. Untuk angkatan pertama, kegiatan diikuti oleh 40 pelaku UMKM di daerah itu. 

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pasaman, Yossi Nasution mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keahlian, kreatifitas dan potensi para pelaku UMKM di kabupaten itu dalam memasarkan produk secara Online.

"Harapannya lewat pelatihan ini, kita ingin produk UMKM di Pasaman berkembang pesat dan dikenal masyarakat luas. Usaha yang digeluti semakin serius dan penuh inovasi," ujar Yossi saat ditemui di Wisma Murni, Selasa (17/11/2020).

Lewat pelatihan tersebut, pihaknya berencana membuka akses kepada para pelaku UMKM di daerah itu untuk mempromosikan produk-produknya melalui kampung digital. 

"Lewat pelatihan online marketing dengan PT Telkom dan Tokopedia ini lanjutannya akan kita buat kampung atau nagari digital sebagai inovasi Dinas Koperasi dan UKM," ujar Yossi.

Dalam waktu dekat, lanjut Yossi, pihaknya akan melounching dua kampung digital di Pasaman. Sebagai pilot project, akan ditunjuk Kecamatan Bonjol untuk wilayah Selatan dan Kecamatan Panti untuk wilayah Utara. 

"Selatan di Bonjol dan Utara, Panti atau Padanggelugur. Dua lokasi ini akan kita lounching sebagai kampung digital, sebagai pilot projectnya. Berbagai infrastruktur, termasuk fasilitas internet akan kita siapkan," ujarnya.

Ia berharap, keberadaan kampung digital itu nantinya bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM sebagai pusat promosi berbagai produk UMKM di Kabupaten Pasaman. 

"Kita ingin setelah selesainya acara ini ada perubahan yang siginifikan terjadi pada para pelaku UMKM agar lebih baik ke depannya," imbuhnya. (*) 

 

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]