Tingkatkan Kompetensi Aparatur Perencana, Pemkab Mentawai Adakan Pelatihan 


Selasa, 17 November 2020 - 15:21:28 WIB
Tingkatkan Kompetensi Aparatur Perencana, Pemkab Mentawai Adakan Pelatihan  Pemkab Mentawai Adakan Pelatihan

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Dalam meningkatkan kompetensi para Aparatur Perencana di Lingkungan Pemkab Mentawai. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mentawai mengadakan Diseminasi Perencanaan Pelatihan Aparatur Perencana di Lingkungan Pemkab Mentawai.

Kepala Bappeda Mentawai Naslindo Sirait usai membuka kegiatan  yang akan berlangsung selama dua hari mulai Selasa-rabu (17-18/11) di Hotel Bumiminang Padang tersebut, kepada wartawan menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Mentawai. 

" Kita memang ingin meningkatkan kapasitas aparatur perencana, 
karena perencanaan itu merupakan salah satu subsistem dari manajemen pemerintahan di hulu, apabila kita bisa merencanakan dan menganalisa data dengan baik, tentu kita bisa membuat strategi pembangunan yang lebih efektif," tuturnya.

Ia menyebutkan bahwa tidak hanya menganalisa data, tetapi seluruh Kepala Sub Bagian (Kasubag) Program di masing-masing Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) harus dibekali ilmu pengetahuan terkait program perencanaan yang sesuai dengan krakteristik Daerah.

"Aparatur perencana memang harus dibekali dengan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan mereka (Aparatur Perencana-red) secara teknikal. Kompetensi itu harus mereka kuasai dengan baik dan diimlementasikan dalam menyusun dokumen-dokumen perencanaan sektoral maupun perencanaan-perencanaan regional itu yang kita lakukan sekarang, " paparnya 

Disamping itu kata dia dengan pembekalan tersebut para Aparatur Perencana di lingkungan Pemkab Mentawai diharapkan mampu mengukur daya saing, proyeksi pertumbuhan ekonomi dan Investasi, sehingga program perencanaan pembangunan nasional di Mentawai lebih terarah sesuai dengan potensi daerah. 

" Harapan kita melalui kegiatan ini, Kita bisa mengukur daya saing, proyeksi pertumbuhan ekonomi, Investasi dan bagaimana untuk melihat basis-basis pertumbuhan kita, sehingga kebijakan-kebijakan yang kita ambil, sesuai dengan karakteristik Daerah, pada pelatihan ini kita menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu satu dari Universitas Andalas Padang dan satu lagi dari Universitas Negeri Padang," pungkasnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]