Ada Rumah Digital di Program Pembangunan Periode Kedua Sutan Riska


Selasa, 17 November 2020 - 15:23:16 WIB
Ada Rumah Digital di Program Pembangunan Periode Kedua Sutan Riska Calon Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Calon Wakil Bupati Dasril Panin Datuk Labuan, bersama aktivis anti korupsi Febri Diansyah dan Donal Fariz.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Petahana Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, memproyeksikan pembuatan Taman Digital yang diproyeksikan ada di setiap kecamatan di daerah itu. 

"Fasilitas tersebut dibangun didasarkan kepada kebutuhan kaum milenial Dharmasraya demi menopang kreatifitas serta kegiatan usaha berbasis daring oleh oarat pelaku usaha, " Ungkapnya, di Dharmasraya, Selasa (17/11). 

Hal itu, lanjutnya, berfungsi untuk menjaga daya saing generasi muda ditengah persaingan global yang membutuhkan akses informasi cepat dan akurat melalui jaringan internet. 

Dalam pelaksanaannya nanti, jelas Riska, kaum milenial tak akan dilepaskan bertarung begitu saja melainkan akan didampingi para instruktur yang memiliki kualitas terukur di bidangnya sebagai salah satu upaya mentransfer ilmu pengetahuan dan informasi terkini yang tentu sangat dibutuhkan dalam membangun dinamika dan etika bisnis berbasis kreatifitas yang dilakoni. 

"Sehingga permasalahan serapan tenaga kerja lokal bisa diatasi melalui kegiatan ini disamping mengupayakan peningkatan sumber daya manusia agar lebih mampu bersaing ditingkat nasional, regional bahkan internasional, " Ulasnya. 

Ia menambahkan, tuntutan modernisasi dan pemenuhan skala mutu dan kualitas produksi bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam membangun ketahanan usaha, juga menjadi urusan pemerintah di setiap tingkatan hingga ke lini pemerintahan terdepan, yakni Kenagarian atau Desa. 

Dengan konsep yang ia tawarkan itu, upaya menciptakan generasi milenial sebagai salah satu penyangga pergerakan ekonomi lokal dan nasional akan lebih mudah difasilitasi karena setiap individu mereka dapat menentukan minat usaha yang ingin digeluti berdasarkan kemampuan ekplorasi dan berbasis kearifan lokal di lingkungan mereka masing-masing. 

"Seluruhnya akan bermuara pada pemerataan klaster perekonomian ditengah masyarakat melalui interaksi serta konektivitas yang terbangun secara otomatis dalam hirarki pertukaran nilai jasa dan barang serta faktor penunjang lainnya dalam rantai produksi dan distribusi, " Tutupnya. 

Sebelumnya, politisi senior sekaligus mantan Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Adi Gunawan, menegaskan masyarakat daerah itu tidak ada pilihan lain selain kembali memenangkan Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, pada Pilkada Serentak 2020.

"Dharmasraya masih membutuhkan percepatan pembangunan yang pesat seperti selama ini, dan untuk saat ini pilihan yang tepat ada pada diri Sutan Riska, " Tegasnya dihadapan Tokoh Masyarakat Jorong Koto Agung Kiri, Kenagarian Sungai Duo, Sabtu (31/10) malam. 

Menurutnya, segala pencapaian yang sudah berhasil dituntaskan Sutan Riska perlu dilanjutkan kembali sebagai rangkaian tahapan pembangunan demi mewujudkan Kabupaten Dharmasraya yang maju dan mampu menyejahterakan masyarakat. 

Salah satunya, jelas dia, keberanian sosok Sutan Riska untuk melanjutkan hal-hal baik yang sudah dirintis oleh para pemimpin daerah itu sebelumnya, tanpa ada membedakan antara satu sama lainnya. 

"Bisa dikatakan peluang Sutan Riska untuk menarik dana-dana pusat untuk menutupi kekurangan pembiayaan program pembangunan yang menjadi hak masyarakat, sangat terbuka lebar dan ini penting untuk diteruskan jika kita benar-benar menginginkan daerah ini berkembang menjadi kawasan yang maju, " tegasnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]