Lagi Pandemi, DPRD Pasaman Malah Bahas RAPBD 2021 ke Kota Pekanbaru


Selasa, 17 November 2020 - 19:42:05 WIB
Lagi Pandemi, DPRD Pasaman Malah Bahas RAPBD 2021 ke Kota Pekanbaru Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pasaman bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tetap keukeuh menggelar pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPD) tahun anggaran 2021 di Kota Pekanbaru, Riau. 

Meskipun banyak yang mengkritik pembahasan dilakukan di luar Pasaman, mereka tak bergeming. Rapat pembahasan RAPBD 2021 tetap dilaksanakan, meskipun penyebaran kasus covid-19 di daerah itu masih tinggi. 

Seperti dilansir dari laman www.corona.riau.go.id, Kota Pekanbaru, masih berstatus zona merah hingga kini. Itu artinya, Pekanbaru kategori daerah dengan risiko tinggi penularan virus corona. 

Menurut salah seorang tokoh masyarakat, Asran, pembahasan anggaran di luar daerah sudah pasti menelan biaya yang tidak sedikit. Seharusnya, kata dia, pihak Banggar DPRD bersama TAPD Pemda Pasaman peka terhadap penderitaan rakyat di tengah pandemi sekarang ini. 

"Rapat pembahasan APBD 2021 di Riau tersebut syarat dengan kepentingan dan tidak pro rakyat. Hal ini jelas mengundang tandatanya bagi masyarakat. Pembahasan di luar Pasaman terkesan dipaksakan, apalagi ditengah masa pandemi Covid-19 saat ini," ujarnya kepada harianhaluan.com, Rabu (17/11/2020).

Baiknya, kata dia, pembahasan anggaran cukup dilaksanakan di dalam daerah. Hal itu tentunya bisa menghemat biaya. Ditambah lagi dana tersebut bisa pula dialihkan atau digunakan untuk program-program kerakyatan lainnya. 

Tokoh masyarakat lainnya, Alputra Andesta mengatakan, bahwa pembahasan anggaran di luar daerah tidak menyalahi aturan yang ada. Menurutnya, hal itu sah- sah saja asal dalam pelaksanaannya tidak menyalahi aturan. 

"Melanggar aturan tidak, tapi lebih baik dibahas dalam daerah saja, dan akan hemat anggaran. Ditambah lagi, daerah kita sedang dilanda pandemi. Masyarakat dilarang bepergian sementara waktu, ditambah lagi ekonomi masyarakat semakin menjerit," ujarnya. 

Berdasarkan surat DPRD Pasaman dengan nomor: 005/286/DPRD-PAS/XI/2020 perihal undangan rapat Badan Anggaran yang menyebar di media sosial, diketahui jadwal rapat Banggar DPRD Pasaman bersama TAPD dan OPD Pemkab Pasaman berlangsung selama lima hari, dimulai Senin (16/11/2020) sampai Jumat (20/11/2020). 

Dalam surat yang diteken oleh Wakil Ketua DPRD, dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Danny Ismaya itu hanya ada 14 OPD di lingkungan Pemkab Pasaman yang diundang dalam pembahasan itu. Dari informasi yang dihimpun, pembahasan APBD dilakukan di Hotel Jatra, Pekanbaru. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]