Bank Mandiri-Dinsos Bersinergi Perbaiki Kualitas Penyaluran Bansos di Pasaman


Selasa, 17 November 2020 - 21:18:35 WIB
Bank Mandiri-Dinsos Bersinergi Perbaiki Kualitas Penyaluran Bansos di Pasaman Ilustrasi Program BPNT

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM --Pihak Bank Mandiri Tbk, berjanji perbaiki pelayanan e-Warung dalam penyaluran program bantuan sosial (Bansos) pemerintah di Kabupaten Pasaman. 

Sebelumnya, pelayanan sejumlah agen penyalur bansos ini dikeluhkan oleh keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) maupun program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) di kabupaten itu. 

"Kita (Bank Mandiri) akan memberikan pelayan terbaik bagi keluarga penerima manfaat (KPM) program sembako dari pemerintah pusat. Kami bersama Dinas Sosial Pasaman terus bersinergi terutama dalam kesiapan agen penyalur sembako (e-warung)," ungkap Cluster Manajer Bank Mandiri Cabang Pasaman, Dodi Soeradi Arifin kepada awak media, Selasa (17/11/2020).

Sebagai bank penyalur bansos yang ditunjuk oleh pemerintah, Dodi mengatakan, telah melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Sosial setempat, membahas upaya perbaikan layanan program sembako kepada keluarga penerima manfaat PKH maupun BPNT. 

"Rapat koordinasi yang kita lakukan dengan dinsos adalah upaya kita sebagai Bank penyalur guna memperbaiki kualitas layanan program sembako sehingga masyarakat penerima manfaat bisa betul-betul bisa merasakan manfaat dari program ini," katanya. 

Pihaknya, memiliki komitmen tinggi memperbaiki kualitas agen penyalur karena kewajibannya adalah memberikan bahan-bahan kebutuhan pokok yang layak konsumsi kepada masyarakat penerima program. 

"Pertemuan yang kita lakukan juga untuk menjalin komunikasi yang bagus dengan pihak Dinsos agar tidak ada lagi yang mengatakan saling tuding. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa saling memahami, dan sekarang kita melangkah ke depan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Pasaman dalam program ini," tuturnya.

Ia menegaskan para agen penyalur atau e-Warung di kabupaten itu tidak bermain-main dalam penyaluran sembako bansos kepada masyarakat. Pihaknya pun mengancam akan menghentikan kerjasama dengan agen penyalur nakal. 

"Kami mengimbau seluruh agen (75 agen e-Warung) kita di Pasaman agar memberikan kualitas barang yang layak kepada masyarakat. Kualitas dan kuantitas barang jangan dipermainkan. Jika ada agen yang tidak mematuhi aturan, kita tidak akan segan-segan untuk menghentikannya menjadi agen penyalur," tegasnya.

Hal senada Juga diungkapkan kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasaman, Amdarisman. Ia mengatakan, koordinasi dengan Bank Mandiri penting untuk perbaikan pelayanan penyaluran program sembako oleh agen panyalur ke depannya.

"Seperti inilah yang kita harapkan, komunikasi yang bagus agar program ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dari hasil pertemuan itu, kita mencapai kesepakatan agar pengembangan e.warung lebih memperhatikan syarat-syarat yang sudah ditentukan," imbuh Amda. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]