Jika Aglonema Kusam, Begini Solusinya


Selasa, 17 November 2020 - 21:37:49 WIB
Jika Aglonema Kusam, Begini  Solusinya Red Aglaonema lagi ngetop. Net

LINGKUNGAN,HARIANHALUAN.COM-Tanaman hias yang masih bertahan di puncak ketenaran hingga saat ini adalah jenis Aglonema. Kendati demikian, harganya  sudah mulai menurun.

Keindahan Aglonema  memang luar biasa,  dan membuat kita takjup dan bersyukur kepada Allah SWT. 

Namun sayangnya, tidak semua pehobis memiliki Aglonema yang menyejukan mata memandangnya. Banyak pemilik  hanya punya tanaman hais tersohor ini, malah bewarna kusam dan tidak cerah.

Tetapi jangan kecewa dulu,  insya Allah  tetap bakal ada solusianya. 

Memang   terdapat banyak penyebab yang membuat daun aglonema tampak kusam dan tak cerah.

Dilansir ringtimesbanyuwangi.com dari beberapa sumber, inilah penyebab aglonema miliki daun kusam: 

Tingginya Temperatur

Tak memperhatikan temperatur jadi salah satu penyebab yang membuat daun aglonema kusam dan tak cerah. Ternyata, temperatur yang tepat sangat membantu proses pertumbuhan daun aglonema.

Jika aglonema berada dalam temperatur yang tepat, daun aglonema akan tampak cerah. Agar daun aglonema cerah, segera tempatkan tanaman ini pada temperature sekitar 28-30 derajat celcius saat siang. Saat malam hari, pastikan aglonema berada dikisaran suhu 20-22 derajat celcius. Jangan letakkan aglonema pada temperatur dibawah atau diatas suhu tersebut baik pada siang atau malam hari agar membuat daun aglonema cerah.

Kesalahan memilih media tanam

Media tanam yang cocok sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan aglonema. Pastikan Anda memilih jenis media tanam yang tepat untuk membuat pertumbuhan aglonema jadi cepat dan memiliki daun cerah.

Agar daun aglonema tak kusam, pilihlah media tanam yang poros atau tak mudah tenggelam oleh air. Media tanam yang sangat baik untuk aglonema adalah campuran pakis, kompos, sekam bakar, coco peat, serta pasir malang.

Selain media tanam, perhatikanlah juga kelembaban tanaman ini agar tak menghasilkan daun yang kusam.

Letak yang salah

Salah meletakkan aglonema bisa membuat daun-daunnya jadi kusam dan tak cerah.

Cobalah letakkan aglonema pada tempat ideal yaitu pada sekitar 300-400 mdpl untuk membuat daunnya cerah. Selain bisa membuat daun cerah, aglonema akan lebih kokoh dan kuat.

Selamat mencoba(*)

 Sumber : Ringtimesbanyuwangi /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]