Gubernur Irwan Prayitno Resmi Luncurkan Nagari Tageh di Solok Selatan


Selasa, 17 November 2020 - 23:09:47 WIB
Gubernur Irwan Prayitno Resmi Luncurkan Nagari Tageh di Solok Selatan Penyambutan oleh Pjs Bupati Jasman Rizal bersama unsur Forkompinda atas kedatangan Gubernur Sumbar.

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap Nagari Tageh di Solok Selatan menjadi percontohan di provinsi Sumatera Barat bahkan tingkat Nasional dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

"Libatkan semua unsur, TNI-Polri, mahasiswa, tokoh masyarakat, Ninik mamak, pemuda dan Bundo kandung untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dengan baik," kata Irwan Prayitno usai meluncurkan Nagari Tageh di Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Solok Selatan, Selasa (17/11/2020).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan sambutan di rumah isolasi Covid-19 Nagari Tageh.

Pihaknya juga mengapresiasi sikap serius dari Pjs Bupati Solsel dan dukungan DPRD Solsel. "Jika Nagari Tageh sukses di Solsel maka bisa jadi percontohan di Sumbar dan bahkan Indonesia. Kami berharap Nagari Tageh mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 di nagari-nagari yang ada di provinsi Sumbar," katanya.

Nagari Tageh, imbuhnya, berfungsi mengendalikan penyebaran Covid-19 berbasis nagari. Peluncuran Nagari Tageh di Solok Selatan dilakukan di Nagari Kapau Alam Pauh Duo yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Irwan Prayitno. Nagari Tageh bermakna nagari atau desa yang mengoptimalkan segala upaya dan unsur yang ada di dalamnya dalam usaha pencegahan dan penanganan Covid-19.

Sementara Penjabat Sementara Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal menyebutkan rencana pembentukan "Nagari Tageh" di daerah itu sebanyak tujuh nagari dan peluncuran dilakukan di Nagari Kapau Alam Pauh Duo. "Kita berharap Nagari Tageh ini bukan hanya tageh dalam mengendalikan penyebaran Covid-19, tapi juga tageh dalam bidang sosial dan ekonomi," ujarnya.

Antusiasme masyarakat dan stakeholder terkait dalam mendengarkan sambutan gubernur Irwan Prayitno.

Ia menambahkan dalam pembentukan "Nagari Tageh" dilakukan kerja sama dengan Unand untuk melakukan pembinaan dan pembimbingan. Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Dr. Andani Eka Putra mengakui, Covid-19 memang telah  mendera semua sektor, menimbulkan banyak korban bahkan juga merenggutkan banyak nyawa. 

"Tapi kita tak boleh menyerah. Kita ini bangsa pejuang. Ini 'perang semesta',  kita semua harus  berjuang, tentu dengan penuh keikhlasan," ungkap Dr. Andani.
 
Membentuk dan memberdayakan 'Nagari Tageh' atau Desa serta Kelurahan Tangguh-Kuat di Sumatera Barat, adalah salah satu konsep yang digagas dan mulai dilaksanakan Dr Andani bersama tim Perguruan Tinggi yang melibatkan semua elemen di tingkat Nagari. "Ya, namanya perang semesta, tentu diperlukan langkah konkret dan terukur," jelasnya.

Gubernur Sumbar menggunting pita peresmian rumah isolasi di Nagari Kapau Alam Pauh Duo.

Menurutnya, Nagari Tageh tak hanya menyentu masalah kesehatan, terutama Covid-19, melainkan juga soal  ekonomi, ketahanan pangan, pendidikan dan sosial budaya, pangan.  Jadi, nantinya  motor penggerak di lapangan bukan hanya Wali Nagari dan perangkatnya, bukan pula cuma Bidan Desa, tapi juga akademisi dan kalangan mahasiswa. 

"Mahasiswa di Nagari atau Desa dan Keluarahan setempatlah ujung tombak edukasi masyarakatnya. Makanya kita menyelaraskan gerakan Nagari Tageh ini dengan program Kampus Merdeka," ungkapnya.Dr Andani  juga menambahkan, di Nagari, Desa dan Kelurahan  percontohan itu, juga akan ada Rumah Aman, Rumah Isolasi Mandiri.

Hadir dalam peluncuran Nagari Tageh itu, Rektor Unand Yuliandri, penggagas Nagari Tageh yang juga Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Dr. dr. Andani Eka Putra, MSc, kemudian Dandim Solok Letkol Arm Reno Triambodo dan Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda. (Adv)

Reporter : Jefli Bridge /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]