Berikut 6 Tips Aman Naik Transportasi Umum di Tengah Pandemi


Rabu, 18 November 2020 - 09:51:54 WIB
Berikut 6 Tips Aman Naik Transportasi Umum di Tengah Pandemi Ilustrasi kendaraan umum

HARIANHALUAN.COM - Meski di tengah pandemi Covid-19, kehidupan kita harus terus berjalan. Mungkin ada di antara kalian yang sudah mulai bekerja dari kantor.

Seperti dilansir dari Life Hack, saat pergi bekerja maka Anda harus mengikuti protokol kesehatan naik kendaraan umum. Ini tips yang bisa Anda lakukan saat menaiki transportasi umum agar terhindari dari Covid-19.

1. Pahami transportasi umum Anda

Sangat penting untuk memahami secara detail sistem transportasi umum yang Anda inginkan. Biasanya, ada beberapa rute yang membawa Anda ke tujuan yang diinginkan. Lalu lintas pada rute tertentu dapat bervariasi tergantung pada waktu hari dan frekuensi transportasi.

2. Pindah ke bagian tengah

Begitu masuk ke dalam bus atau mobil kereta, pindahlah ke bagian tengah. Berdiri di atau dekat pintu masuk bukanlah strategi yang baik, karena orang-orang akan terus bergerak di daerah-daerah itu, yang menghasilkan lebih banyak dorongan.

3. Jangan lupa berpegangan

Saat bus atau kereta yang penuh sesak, tanpa tempat duduk, pastikan Anda menemukan tempat berdiri terbaik. Pastikan itu dekat tiang atau pegangan, yang bisa dipegang. Berpegang pada tiang tak hanya mencegah Anda jatuh jika terjadi sentakan dan dorongan yang tidak terduga.

4. Hindari meludah

Selama di transportasi umum kita wajib untuk menjaganya tetap bersih. Hindari meludah, tetap pakai masker di dalam bus atau kereta api. Tutup mulut Anda saat bersin atau batuk di tempat yang ramai untuk mencegah penyebaran kuman.

5. Waspadai barang-barang pribadi

Simpan barang bawaan yang Anda bawa sebaik mungkin. Simpan dompet, ponsel, dan barang-barang mahal lainnya di dekat tubuh Anda. Jika Anda memiliki barang-barang mahal di dalam koper, jangan meninggalkannya di rak di atas kepala.

6. Selalu pakai masker dan jaga jarak

Saat naik transportasi umum, jangan lupa untuk selalu pakai masker dan jaga jarak. Sebab hal ini melindungi Anda dan orang lain dari Covid-19. Jangan lupa cuci tangan usai sampai kantor atau tempat tujuan.

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]