Pilkada Saat Pandemi, Effendi Gazali: Euforia Pesta Demokrasi Hingga Lupa Bahaya


Rabu, 18 November 2020 - 11:55:11 WIB
Pilkada Saat Pandemi, Effendi Gazali: Euforia Pesta Demokrasi Hingga Lupa Bahaya Pakar Komunikasi, Prof Effendi Gazali

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pakar Komunikasi, Prof Effendi Gazali ikut memberikan pendapatnya di acara Indonesia Lawyers Club, Selasa (17/11) soal dilanggarnya protokol kesehatan pesta demokrasi hingga keramaian di Petamburan.

Ia mengatakan, terdapat 270 pendaftaran Pilkada di seluruh Indonesia dan bisa dikatakan melanggar prokes saat proses pendaftaran. Menurutnya, pelaksanaan pesta demokrasi di tengah pandemi Covid-19 kurang bijak dan akan menimbulkan klaster-klaster baru.

"Alasannya menarik, ini pesta demokrasi kalau pesta harus gembira. Saking gembiranya sampai lupa memikirkan bahaya nya," katanya.

Prod Effendi Gazali ikut menyayangkan alasan tersebut karena merugikan banyak pihak terlebih masyarakat. Ia menekankan, untuk pendaftaran Pilkada tak dipungkiri mengundang banyak massa. Selanjutnya, setelah diketahui melanggar prokes apa tindak lanjut dari peristiwa tersebut.

"Saat kasus di Solo, seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo mau menghentikan agar pelanggaran tersebut tidak terjadi. Pertanyaan saya, dilakukan apa setelah itu ? " tanyanya.

Ia juga mempertanyakan apakah ada prosedur yang sama dilakukan di kasus keramaian Solo tersebut. Seperti memanggil kepala daerah hingga kepolisian. Berlanjut ke acara penjemputan Habib Rizieq Shihab beberapa waktu yang lalu, Prof Effendi Gazali menekankan jika tidak ada kepastian hukum maka sama saja tidak ada hukum.

"Jika diurut logika, kita butuh kepastian hukum. Kita usulkan, dikumpulkan semua datanyang ada semenjak UU karantina kesehatan ini ada kemudian kita lihat kenapa ini tidak didenda. Dengan itu semua, jalan keluarnya kita punya standar bahwa sesudah ini jika ada lagi hal-hal seperti ini langsung polisi dan pol pp bergerak tanpa memikirkan siapa dibelakangnya," ungkapnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]