Getaran Gempa Pessel M 5,3 Terasa Hingga Dharmasraya


Rabu, 18 November 2020 - 12:08:18 WIB
Getaran Gempa Pessel M 5,3 Terasa Hingga Dharmasraya Gempa berkekuatan M 5,3 yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada Rabu (18/11), dirasakan hingga Kabupaten Dharmasraya.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Getaran gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5,3 yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada Rabu (18/11), dirasakan hingga Kabupaten Dharmasraya. 

Meskipun tidak menimbulkan kerusakan di daerah itu, gempa yang terjadi sekitar pukul 11.41 WIB dan berdasarkan data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) dengan pusat gempa berada di koordinat 1.81 LS, 100.54 BT dengan kedalaman 11 Kilometer atau 57 Kilometer meter arah Barat Daya Kabupaten Pesisir Selatan itu, cukup mengejutkan sejumlah warga Dharmasraya yang sedang berada di dalam rumah atau di gedung perkantoran. 

"Getaran gempa terasa cukup kuat tapi hanya berlangsung sekitar tiga detik saja, " kata salah seorang ibu rumah tangga yang bermukim di daerah Kecamatan Pulau Punjung, Ima Suryati (43). 

Salah seorang warga lainnya, Roni Aprianto, mengaku tidak merasakan getaran gempa dan mengetahuinya dari informasi rekannya saat berada di Gedung DPRD Kabupaten Dharmasraya. 

"Semoga tidak ada ikutan bencana yang lebih serius dan kita semua selalu berada dalam lindunganNya, " ungkap dia. 

Sebelumnya, Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya kembali dihoyak oleh gempa dengan magnitudo 5,3 SR. Hentakan gempa ini membuat masyarakat yang berada di dalam rumah berhamburan keluar karena sentakannya terasa kuat. 

"Info Gempa Mag:5.3, 18-Nov-20 11:41:59 WIB, Lok:1.81 LS, 100.34 BT (57 km BaratDaya PESISIRSELATAN-SUMBAR), Kedlmn:11 Km ::BMKG," begitu tulis BMKG di laman resminya,  Rabu (18/11/2020).

Juga dijelaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. "Masyarakat diharapkan waspada dengan adanya gempa susulan dan jangan mudah percaya hoaks," tulis BMKG di keterangannya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]