NA-IC Diduga Kelabui Masyarakat, Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy Layangkan Laporan ke Bawaslu


Rabu, 18 November 2020 - 12:15:38 WIB
NA-IC Diduga Kelabui Masyarakat, Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy Layangkan Laporan ke Bawaslu Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy Joinaldy kembali melayangkan laporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Rabu (18/11/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tim Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy Joinaldy kembali melayangkan laporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Rabu (18/11/2020).

Laporan ditujukan kepada pasangan calon Nasrul Abit-Indra Catri dan tim pemenangan diduga melakukan pengelabuan terhadap masyarakat yang seolah-olah mereka diusulkan dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Padahal faktanya, PKS tidak mengusulkan atau mendukung pasangan calon NA-IC. Karena PKS dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bersama mengusulkan Mahyeldi-Audy," sebut Kuasa Hukum Mahyeldi-Audy, Miko Kamal saat ditemui Harianhaluan.com usai pelaporan.

Dijelaskannya, dugaan pengelabuan itu sangatlah tidak beretika secara politik. Dalam konteks politik Pilkada, semua kontestan haruslah menjunjung tinggi etika politik, tujuannya adalah mewujudkan pilkada yang berkualitas.

"Secara hukum, penggunaan logo PKS di kalender paslon NA-IC bertentangan dengan pasal 73 A PKPU 11/2020, kegiatan kampanye sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 ayat (2) dilarang membawa atau menggunakan tanda gambar partai politik yang tidak mengusulkan pasangan calon," terangnya.

Dalam pengelabuan ini, kata dia, juga patut diduga sebagai upaya tidak sehat yang dilakukan oleh paslon NA-IC yang hendak memanfaatkan reputasi baik PKS sebagai partai pengusung Mahyeldi-Audy Joinaldy, sebagai partai yang selalu berpihak kepada rakyat baik secara nasional maupun lokal.

"Dalam konteks lokal, sekarang PKS sedang serius dan ngotot memperjuangkan konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah," tandasnya. Kemudian terkait pelaporan, Miko Kamal Cs juga menduga masih ada APK lain yang dimanfaatkan paslon tersebut untuk memanfaatkan reputasi paslon Mahyeldi-Audy tersebut.

"Namun kami baru menemukan dalam kalender paslon NA-IC yang ada logo PKSnya. Temuan ini terjadi di daerah Baso, Kabupaten Agam dan daerah Padang. Kemungkinan kalender ini sudah menyebar di beberapa daerah di Sumbar," tandasnya.(*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]