Padang Dihoyak Gempa Lagi, Pakar Sarankan Pemerintah Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana


Rabu, 18 November 2020 - 13:02:02 WIB
Padang Dihoyak Gempa Lagi, Pakar Sarankan Pemerintah Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Padang. Dok Republika.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pakar Gempa sekaligus mantan Kepala Bidang Geologi dan Airtahan Dinas ESDM Sumbar Nuzuwir menyarankan, pemerintah daerah untuk selalu mempersiapkan siaga bencana guna meminimalisir jumlah korban dan kerugian akibat bencana. Karena sewaktu-waktu bisa saja potensi bencana tersebut lepas.

"Jadi seharusnya kesiapsiagaan itu diperlihara, harus ditingkatkan, jangan kendor. Tapi belakangan ini kita lihat mengendor," kata Nuzuwir saat dihubungi Harianhaluan.com, kemarin

. Dari informasi yang diterima, Nuzuwir mengungkapkan, anggaran di Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) selalu dikurangi, lalu bagaimana mereka mau mempersiapkan kesiapsiagaan karena anggaran tidak mencukupi. Bahkan untuk sosialisasi terkadang tidak ada.

"Jadi bagaiamana kita membangun kesiapsiagaan, sementara kita di daerah sangat rawan bencana terutama gempa bumi yang bisa berpotensi tsunami kalau posisi gempanya di Megatrust," ujar Nuzuwir.

Nuzuwir berharap pemerintah harus melanjutkan pembangunan kesiapsiagaan sehingga masyarakat tidak merasakan ketakutan. Sekarang ini, kata dia, banyak masyarakat yang bertanya kepada dirinya dimana shelter terdekat dan pusat shelter di kota Padang.

"Kalau seperti ini, kan repot juga. Seandainya terjadi yang tidak kita inginkan, masyarakat apakah sudah dilatih. Jadi pembangunan kesiapsiagaan itu perlu kontinitasnya, tapi itu sampai sekarang belum terlihat," ujar Nuzuwir.

Kendati demikian, Nuzuwir mengakui anggaran provinsi memang terbatas dan masih mengharapkan bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) dan segala macam. Sementara sekarang kondisi perekonomian di Indonesia sedang dibawah.

"Cuma pemerintah harus tetap melakukan edukasi walaupun secara fisik kita tidak membangun. Tapi edukasi ini penting selalu diberikan kepada masyarakat sehingga mereka tidak panik," saran Nuzuwir.

Sepeti diberitakan Harianhaluan.com, Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya kembali dihoyak oleh gempa dengan magnitudo 5,3 SR. Hentakan gempa ini membuat masyarakat yang berada di dalam rumah berhamburan keluar karena sentakannya terasa kuat. 

"Info Gempa Mag:5.3, 18-Nov-20 11:41:59 WIB, Lok:1.81 LS, 100.34 BT (57 km BaratDaya PESISIRSELATAN-SUMBAR), Kedlmn:11 Km ::BMKG," begitu tulis BMKG di laman resminya,  Rabu (18/11/2020). Juga dijelaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat diharapkan waspada dengan adanya gempa susulan dan jangan mudah percaya hoaks," tulis BMKG di keterangannya. (*) 

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]