Frekuensi Gempa Meningkat, BPBD Kota Padang: Warga Jangan Panik, Jika Berpotensi Tsunami Ikuti Petunjuk Evakuasi


Rabu, 18 November 2020 - 13:07:58 WIB
Frekuensi Gempa Meningkat, BPBD Kota Padang: Warga Jangan Panik, Jika Berpotensi Tsunami Ikuti Petunjuk Evakuasi Barlius

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gempa kembali mengguncang Kota Padang, Rabu (18/11), sekitar pukul 11.00 WIB. Gempa yang berpusat di Kabupaten Pesisir Selatan tersebut memiliki skala M 5,6 dengan kedalaman 11 KM. Meski tidak berpotensi tsunami, masyarakat tetap ketakutan dan berhamburan ke luar ruangan.

Pemko Padang melalui BPBD Kota Padang mengatakan untuk mengantisipasi gempa yang berpotensi tsunami, masyarakat diminta untuk mengikuti petunjuk evakuasi. Kepala BPBD Kota Padang, Barlius menyatakan di beberapa titik di Kota Padang sudah terdapat plang yang berisi petunjuk jalur evakuasi.

"Hal pertama yang harus dilakukan jangan panik. Tenangkan diri sehingga tahu ke mana harus menyelamatkan diri. Kemudian di beberapa titik juga terdapat plang yang berisi jalur evakuasi. Sehingga jika terjadi gempa yang berpotensi tsunami, masyarakat sudah tahu harus melakukan apa," katanya, Rabu (18/11).

Plang jalur evakuasi tersebut sudah dibangun semenjak tahun 2017 dan ditempatkan di titik-titik keramaian dan mudah dijangkau masyarakat. Barlius melanjutkan, dengan adanya plang tersebut masyarakat sudah lebih tahu dan bijak dalam melakukan evakuasi nantinya.

"Sebelumnya juga ada beberapa simulasi evakuasi di masyarakat sehingga sudah tahu kemana harus lari saat gempa besar terjadi. Karena Covid-19 ini simulasi belum dilaksanakan secara rutin. Kemudian, juga ada shelter yang dapat digunakan masyarakat," lanjutnya.

Ia berharap dengan adanya plang dan simulasi yang dilakukan, masyarakat dapat melakukan upaya penyelamatan saat gempa berpotensi tsunami terjadi. Kemudian, ia juga berpesan masyarakat sudah menyiapkan tas khusus yang berisi surat-surat penting dan alat pendukung lainnya saat melakukan pengungsian.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]