Tanggapi Pelanggaran Prokes Marak, Sujiwo Tejo: Pemerintah yang Amburadul Menghasilkan Rakyat yang Amburadul


Rabu, 18 November 2020 - 14:00:25 WIB
Tanggapi Pelanggaran Prokes Marak, Sujiwo Tejo: Pemerintah yang Amburadul Menghasilkan Rakyat yang Amburadul Sujiwo Tejo

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kerumunan yang terjadi saat penjemputan Habib Rizieq Shihab dan pernikahan anaknya yang mengundang ribuan orang menuai kontroversi. Banyak pihak menyebut keramaian yang terjadi karena kelalaian pemerintah setempat. Tak hanya itu, nama besar Habib Rizieq Shihab juga disebut-sebut menjadi salah satu sebab tidak ditindaklanjuti oleh petugas terkait.

Pada acara Indonesia Lawyers Club, Selasa (17/11) malam, budayawan Jawa Sujiwo Tejo ikut memberikan pendapatnya mengenai pelanggaran prokes yang terjadi saat itu. Sujiwo yang dikenal sebagai Presiden Jancukers tersebut mengatakan pemerintah harus memikirkan ulang kenapa klaster-klaster baru bermunculan.

"Klaster baru muncul itu kenapa, apa karena kerumunannya atau yang menciptakan libur panjang?" tanyanya. Kemudian, ia juga mengajak untuk merenung kenapa masyarakat banyak tidak percaya kepada pemerintah.

Menurut Sujiwo alasan kenapa masyarakat tidak percaya pemerintah karena sistem pemerintahan yang tidak konsisten. "Karena pemerintah yang amburadul akan menghasilkan rakyat yang amburadul," ungkapnya.

Ia juga berharap untuk dapat menghadapi Covid-19, masyarakat dan pemerintah untuk bersatu. Di akhir pendapatnya, ia menyanyikan salah satu tembang Jawa yang berisi mengenai doa tolak bala.

"Lupakan kubu-kubu, mari sama-sama kita hadapi Covid-19. Mari kita hindari apakah betul kepulangan Habib Rizieq Shihab tidak diketahui polisi," tutupnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]