Kebijakan Cuti Bersama Disebut 'Biang Kerok' Kasus Corona Naik


Rabu, 18 November 2020 - 14:41:57 WIB
Kebijakan Cuti Bersama Disebut 'Biang Kerok' Kasus Corona Naik Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Fenomena yang terjadi beberapa hari yang lalu mengenai kerumunan saat penjemputan Habib Rizieq Shihab di badara dan pernikahan anaknya mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Saat diundang di acara Indonesia Lawyers Club, Selasa (17/11), Ahli Epidemologi FKM UI, dr Pandu Riono mengatakan fenomena yang cukup menghebohkan tersebut seharusnya sudah diantisipasi pemerintah.

Ia merasa kaget saat pernyataan Mahfud MD yang menginzinkan menjemput Habib Rizieq Shihab dengan syarat tidak melakukan hal anarkis.

"Saya kaget, dan itu sudah diantisipasi kemungkinan adanya kerumunan massa besar. Ini bukan tidak mungkin jika negara yang cukup besar ini menerka apa yang akan terjadi, terlebih Habib Rizieq Shihab tokoh yang dikenal banyak orang," katanya.

Ia menyatakan, karena hal tersebut bukanlah kesalahan aparat tapi pemerintah pusat yang under estimate. Hal itu merupakan sebuah peristiwa politik dan menjadikan pandemi sebagau alasan untuk melakukan kecaman dan pemeriksaan.

Menurutnya, kerumunan yang terjadi kemarin seharusnya dicegah bukan dibubarkan. Dr Pandu juga menyarankan untuk mengajak supaya disatu wilayan tersebut masuk ke dalam zona merah dengan resiko penularan tinggi.

"Jadi kerumunan harus dilarang, sebenarnya tidak perlu terjadi kehebohan jika kita bisa bekerjasama dan itu tidak terjadi. Sehingga ini seperti dianggap kelalaian, menurut saya kenaikan angka ini terjadi juga karena peraturan pemerintah itu sendiri," sebutnya.

Kebijakan cuti bersama selama dua minggu yang ditetapkan pemerintah dinilai dr Pandu sebagai sebab angka Covid-19 kembali tinggi. Karena jutaan masyarakat melakukan liburan akan selalu meningkatkan kasus positif Corona. (*)

Reporter : Merinda Faradianti / Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]