Waketum PB IDI: Siap-siap Saja Kasus Covid-19 Meledak Lagi...


Rabu, 18 November 2020 - 14:47:01 WIB
Waketum PB IDI: Siap-siap Saja Kasus Covid-19 Meledak Lagi... Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hingga saat ini angka infeksi Covid-19 belum ada tanda-tanda penurunan. Tak hanya itu, semakin hari angka yang ditunjukan semakin fluktuatif dan belum bisa dicegah. Waketum PB IDI, dr Slamet Budiarto di ILC, Selasa (17/11) malam mengatakan pandemi virus Corona belum ada tanda-tanda akan selesai.

"Kita menilik ke DKI Jakarta, merujuk pada PSBB kemarin angkanya menunjukan turun dan terjadi libur panjang demo. Pada akhir bulan terjadi lagi kenaikan dan rumah sakit penuh dengan pasien virus Corona. Kerumunan sangat memicu meningkatnya angka infeksi," katanya.

Ia melanjutkan, jika masyarakat dan pemerintah konsekuensi untuk menjalankan prokes dengan disiplin dan tidak ada kerumunan maka kemungkinan angka terinfeksi virus Corona akan turun. Dr Slamet mengungkapkan untuk dapat mengendalikan pandemi Covid-19 adalah dengan melaksanakan prokes dan menunggu vaksin.

"Kalau vaksin belum siap dan lalai protokol kesehatan maka siap-siap saja kita akan meledak lagi. Maka akan berdampak akan menimbulkan gejala ringan ataupun berat," jelasnya.

Lalu, dr Slamet mengimbau kepada setiap lapisan masyarakat untuk tidak lalai dengan prokes. Untuk tenaga medis, dr Slamet menegaskan akan tetap memegang sumpah untuk siap sedia dengan ledakan virus Corona. Kerumunan yang terjadi kemarin kata dia sangat mengkhawatirkan. Untuk menilai apakah ada klaster baru harus menunggu waktu 5-14 hari apakah ada gejala atau tidak.

"Kami menginginkan untuk mengurangi beban kami juga. Intinya prokes dan kedua prokes dan ketiga prokes sambil menunggu vaksin yang benar-benar safety," jelasnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]