Sumbar Beri Pemutihan Denda Pajak dan BBNKB Sampai 15 Desember 2020


Rabu, 18 November 2020 - 15:01:03 WIB
Sumbar Beri Pemutihan Denda Pajak dan BBNKB Sampai 15 Desember 2020 Kepala Bakeuda Sumbar, Zaenuddin.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemprov Sumbar melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) setempat memberlakukan program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB). Tak hanya itu, juga membebaskan bea balik nama balik kendaraan bermotor (BBNKB) hingga 15 Desember 2020.

Kepala Bakeuda Sumbar, Zaenuddin saat dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (18/11/2020) menjelaskan, sebenarnya itu bukan pemutihan pajak tetapi khusus pemutihan denda pajak, dan pemutihan biaya balik nama kendaraan bermotor.

"Jadi biaya kendaraan bermotor itu, misalkan saya beli mobil waktu dulu tapi belum dibalikan atas nama saya. Kalau dulu kan ada biaya balik nama tapi kini tidak ada lagi sudah ditiadakan," jelas Zaenuddin.

Kemudian, Zaenuddin mencontohkan, jika seandainya dirinya punya mobil sudah bulan September jatuh tempo. Seharusnya kalau dibayar pada bulan November tentu kena denda, tapi dengan kebijakan tersebut dendanya diputihkan.

"Kalau pajak pokoknya tetap bayar, tapi kalau denda pajaknya yang terlambat baru diputihkan, begitu juga BBNKB tadi," ujar Zaenuddin.

Pjs Walikota Bukittinggi itu menuturkan, kebijakan tersebut diambil dalam rangka relaksasi kaitannya memberikan intensif kepada masyarakat wajib pajak prinsipnya pajak kendaraan bermotor yang saat ini terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Pemutihan denda pajak ini berlaku untuk semua jenis kendaraan. Jadi kita khusus membebaskan denda dan bebaskan biaya balik nama kendaraan bermotor sampai 15 Desember 2020," kata Zaenuddin.

Untuk persyaratan, sebut Zaenuddin, jika masyarakat yang mau balik nama harus ada faktur jual beli, Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi, KTP pemilik baru, asli, dan fotokopi.

Oleh karena itu, Zaenuddin mengimbau bagi masyarakat yang belum sempat membayar pajak untuk datang ke Samsat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi, tetap jaga jarak, dan mencuci tangan

"Masyarakat silahkan melakukan pembayaran, mumpung ada fasilitas pemutihan denda dan biaya balik nama kendaraan karena diperpanjang sampai 15 Desember," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]