KPU Sumbar Tunjuk 11 Orang Sebagai Tim Penyusun Materi Debat Cagub dan Cawagub


Rabu, 18 November 2020 - 18:12:37 WIB
KPU Sumbar Tunjuk 11 Orang Sebagai Tim Penyusun Materi Debat Cagub dan Cawagub Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pelaksanaan debat pasangan calon Cagub dan Cawagub, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat telah menetapkan tim penyusun menteri debat sebanyak 11 orang.

Plt Ketua KPU Sumbar, Gabriel Daulai mengatakan, sebanyak 11 orang orang yang ditetapkan itu terdiri dari akademisi, profesional dan tokoh masyarakat yang memiliki pengetahuan dibidangnya masing-masing.

"Dari ketiga kriteria itu, tim penyusun materi kebanyakan dari akademisi. Karena harus dipastikan netralitasnya, intelitasnya kemudian juga kompetensinya," kata Gabriel, Rabu (18/11/2020).

Sebagai penyusun materi debat, kata dia, awalnya Doni Oscaria yang muncul dari hasil identifikasi dan usulan anggota komisioner lainnya. Dalam perjalanan, yang bersangkutan tidak aktif dan kemudian dicoret.

"Karena teman dari  komisioner dibagian hukum, teknis dan humas saat mengkonfirmasi tidak ada respon dari bersangkutan dan kemudian kita coret, Tim penyusun materi debat harus membuat surat pernyataan persidangan dan fakta integritas," terangnya lagi.

Dijelaskan Gabriel, selain itu juga ada Prof Helmi dari Universitas Andalas (Unand). Kemudian ia mengundurkan diri karena yang bersangkutan ada kesibukan lain. Selanjutnya juga ada Donal Faris juga dimasukkan sebagai tim penyusun materi.

"Berdasarkan usulan teman-teman juga karena Donal merupakan aktivis anti korupsi maka kita masukkan sebagai tim penyusun. Namun ternyata yang bersangkutan tercatat sebagai penasehat hukum salah satu calon, meskipun bukan penasehat hukum Cagub dan Cawagub dan akhirnya ia mengundurkan diri," tukasnya.

Sementara diketahui, ke-11 tim penyusun materi debat Cagub dan Cawagub yang sudah ditetapkan yakni Khairul Fahmi, dosen hukum Unand, Yefri Heriani sebagai kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Harry Efendi adalah  dosen Ilmu Budaya Unand, Andani Eka Putra sebagai Kepala Laboratorium Kedokteran Unand, Riki Saputra, Rektor UMSB.m Eka Vidya Putra sebagai dosen FIS UNP.m Hasril Caniago merupakan jurnalis senior, Irman adalah Pakar Pendidikan IAIN Batusangkar, Suparno dari pakar perikanan dan kelautan UBH, Khalid Syaifullah adalah aktifis lingkungan hidup dan Yosafra merupakan dosen fakultas teknik Unand atau ahli insfrastrukstur. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]