Survei Voxpol: Mahyeldi-Audy Joinaldy Cagub/Cawagub Sumbar Paling Religius Pilihan Masyarakat


Rabu, 18 November 2020 - 19:37:29 WIB
Survei Voxpol: Mahyeldi-Audy Joinaldy Cagub/Cawagub Sumbar Paling Religius Pilihan Masyarakat Dok survei Voxpol

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur (cagub) yang religius lebih dipilih oleh masyarakat Sumbar dibandingkan yang lain pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Hal itu diketahui melalui survei yang dilakukan Voxpol kepada masyarakat di provinsi itu pada 2-12 November 2020 lalu.

"Dari data yang kita punya, pemilih lebih memilih paslon yang paling religius. Kan ada empat paslon yang kita tanyakan terbuka siapa menurut bapak/ibu pemimpin yang paling religius," kata Direktur Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago saat dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (18/11/2020).

Dari survei Voxpol Center Research and Consulting pada Pilgub Sumbar 2-12 November 2020, kata Pangi, menunjukkan persepsi masyarakat Sumatera Barat terhadap kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur menempatkan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai sosok pemimpin yang paling religius di antara kandidat lainnya.

"Mahyeldi-Audy dengan raihan perolehan sebesar 37,5%, disusul Mulyadi-Ali mukni sebesar 19,5%, Nasrul Abit-Indra Catri 17,8% dan Fakhrizal-Genius Umar 4,3%, sementara yang masih merahasiakan jawaban 11,5% dan tidak tahu tidak menjawab sebesar 9,5%," rinci Pangi.

Pangi menyebutkan, alasan masyarakat Sumatera Barat memilih paslon yang religius karena tradisi di Ranah Minang berfilofosi pada Adat Basandi Syara' Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Apalagi pemilih di Sumatera Barat sosiologis.

"Pemilih sosiologis itu adalah mereka mengambil keputusan untuk memilih itu pertimbangannya adalah religius menjadi tingkatan yang lebih penting. Pola pemilihnya juga sama dengan Jawa Barat, jadi lebih mementingkan religius," sebut Pangi.

Pangi mengklaim paslon yang religius mempunyai peluang lebih besar untuk memimpin Sumatera Barat. Dengan begitu, pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy punya kesempatan mendapatkan dan meraih dukungan yang lebih luas dari masyarakat Sumatera Barat yang terkenal sangat religius.

"Perilaku memilih (voting behavior) dalam pengambilan keputusan untuk memilih atau tidak memilih kandidat calon Kepala Daerah di dalam suatu pemilihan umum (to vote) maka voters akan memutuskan memilih atau mendukung kandidat tertentu," ulas Pangi.

Lebih lanjut, kata Pangi, hal ini tentu saja akan menguntungkan calon kepala daerah yang tingkat religiusitasnya tinggi seperti tergambar dalam temuan hasil survei.

Pihaknya mencoba membuatkan simulasi pertanyaan dalam bentuk koesioner, menurut bapak/ibu/saudara/i di antara nama-nama berikut siapakah calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yang paling religius.

"Dalam temuan survei Voxpol Center menunjukkan bahwa pasangan Mahyeldi-Audy  calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang paling religius," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]