Vaksinasi Dimulai 2021, Erick Thohir Siapkan Pembuangan Limbahnya


Rabu, 18 November 2020 - 21:40:55 WIB
Vaksinasi Dimulai 2021, Erick Thohir Siapkan Pembuangan Limbahnya Menteri BUMN Erick Thohir.

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat mekanisme pembuangan limbah vaksin Covid-19 akan mengikuti metode pembuangan limbah vaksin Tuberkulosis (TBC) dan Polio. Di mana, mekanisme pembuangan limbah sudah dijalankan secara berkesinambungan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, mekanisme dari pembuangan limbah sudah dibahas pemerintah seiring dengan proses vaksinasi yang akan dilakukan pada awal 2021 mendatang.

"Untuk limbah (vaksin) mekanisme dari pembuangan limbah itu memang sudah ada prosesnya. Kita tahu yang namanya vaksinasi ini di Indonesia salah satu yang kontinyu berjalan. Kenapa? Karena di Indonesia itu ada vaksin TBC, vaksin Polio, dan vaksin lain-lainnya ini, proses pengamanan limbahnya itu sudah ada metodenya," ujar Erick dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Meski demikian, Erick tidak ingin menguraikan teknis pembuangan limbah vaksin Covid-19. Dia bilang, ihwal teknis adalah tugas Kementerian lain.

"Dan tentu bukan saya yang berkepentingan menjelaskan, nanti kita ajak kementerian lain yang mempunyai tugas seperti ini," kata dia.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2017 perihal imunisasi menjelaskan bahwa pelaksana pengelolaan limbah harus dilakukan di rumah sakit, Puskesmas, klinik dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Selain itu, dalam penyelenggaraan imunisasi dilakukan oleh dokter atau bidan praktek perorangan, pemusnahan limbah vial atau ampul vaksin harus diserahkan ke instansi yang mendistribusikan vaksin.

Sementara, dalam pelayanan imunisasi program yang dilaksanakan di posyandu dan sekolah, petugas pelayanan imunisasi bertanggung jawab mengumpulkan limbah ADS ke dalam Safety Box, vial dan/atau ampul vaksin untuk selanjutnya dibawa ke Puskesmas setempat untuk dilakukan pemusnahan limbah imunisasi sesuai dengan persyaratan.

"Pemusnahan limbah imunisasi harus dibuktikan dengan berita acara. Selanjutnya dilakukan pemantauan dan evaluasi," tulis beleid tersebut. (*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]