IAIN Batusangkar dan Balai Bahasa Sumbar Gelar Kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Indonesia


Kamis, 19 November 2020 - 09:59:41 WIB
IAIN Batusangkar dan Balai Bahasa Sumbar Gelar Kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Indonesia Balai Bahasa Provinsi Sumatra Barat bekerja sama dengan IAIN Batusangkar menggelar agenda pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa pada media massa di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (19/11/2020).

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM - Balai Bahasa Provinsi Sumatra Barat bekerja sama dengan IAIN Batusangkar menggelar agenda pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa pada media massa di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (19/11/2020), di auditorium kampus I IAIN Batusangkar.

Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat Abdul Latif saat itu menyebutkan, digelarnya pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa tersebut dengan harapan peserta mendapatkan informasi dan kiat-kiat dalam menggunakan bahasa pada instansi masing-masing.

"Pada intinya kita telah menggunakan bahasa Indonesia, namun belum menurut kaidah-kaidah menurut ejaan bahasa Indonesia yang semestinya, terimakasih kepada IAIN Batusangkar yang turut memfasilitasi terselenggaranya agenda ini," katanya.

Pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa itu diikuti sekitar 40 peserta dari lintas instansi serta mahasiswa, dari instansi diikuti umumnya oleh Humas masing-masing instansi.

Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Marjoni Imamora saat membuka agenda itu secara resmi mengharapkan semoga agenda itu bisa berlangsung maksimal dan sesuai target yang akan dicapai.

"Kita yang sering berinteraksi dalam bahasa Indonesia sudah sepatutnya berbahasa dan menulis dengan kaidah yang benar, kadang bila kita melakukan kesalahan dalam menuliskan atau mengucapkan bahasa bisa berdampak pada hal lain atau orang akan salah memahaminya. Ikutilah pelatihan ini dengan sebaik mungkin terutama mahasiswa karena ini akan besar manfaatnya," kata Marjoni.

IAIN Batusangkar saat itu juga melaksanakan MoU dengan Balai Bahasa Sumatera Barat, dilaksanakan penandatanganan kerja sama kedua belah pihak saat itu.

Nara sumber yang memberikan materi terdiri dari para ahli bahasa dari balai bahasa dan dari jurnalis yaitu wartawan senior Sumbar Yurnaldi. (*)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]