Pandemi Covid-19, Pawai Ta'aruf dan Bazar Ditiadakan pada MTQ Nasional XXVIII di Sumbar


Kamis, 19 November 2020 - 10:44:52 WIB
Pandemi Covid-19, Pawai Ta'aruf dan Bazar Ditiadakan pada MTQ Nasional XXVIII di Sumbar Logo MTQ Nasional XXVIII.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi mengatakan, panitia telah menyiapkan sejumlah antisipasi agar MTQ Nasional XXVIII di Sumbar tetap berjalan baik dan meriah, salah satunya mencegah kejadian kerumunan.

“Panitia sengaja meniadakan dua agenda besar penyelenggaraan MTQ Nasional, pawai ta’aruf dengan kendaraan hias dan pameran (bazar) dengan pertimbangan dapat mengundang kerumunan masa,” ungkap Juraidi saat pertemuan di Media Center Sekretariat MTQ Nasional XXVIII kompleks Masjid Raya Sumbar, kemarin.

Panitia juga membatasi jumlah penonton pada venue venue musabaqah atau lokasi perlombaan. Juraidi yakin hal ini akan tercatat dalam sejarah, MTQ dapat terlaksana di masa pandemi.

Juraidi memastikan, gelaran MTQ Nasional yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat, bahkan sejak keluar peserta dari daerahnya masing-masing adalah langkah yang tepat menekan penularan wabah pandemi.

Pihaknya tak menampik, memang banyak yang menyayangkan karena MTQ ini even besar. Namun begitu ia meyakini tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau ada yang menilai kurang meriah tergantung sudut pandang kita, tapi sudah cukup meriah. Andai tidak dibatasi pasti akan sangat meriah,” ujar Juraidi.

Terbukti pada hari pertama saja sudah ada 71 pemberitaan MTQ, hari kedua bertambah ada 101, kemudian naik lagi 70 pemberitaan. Jangan digambarkan hoax, seolah Kemenag bersama menag dihadiri ribuan orang, pesannya.

“Soal kemeriahan kita perkuat melalui publikasi. Bahkan masyarakat bisa mendownload  aplikasi MTQ sumbar tentang informasi nilai score," ujar jebolan Doktor Institut PTIQ Jakarta ini. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]