Relawan Smart Milenial Dharmasraya Ajak Generasi Muda Kawal Integritas Pilkada 2020


Kamis, 19 November 2020 - 10:45:45 WIB
Relawan Smart Milenial Dharmasraya Ajak Generasi Muda Kawal Integritas Pilkada 2020 Komunitas Relawan Smart Milenial (Resmi) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dalam sebuah kegiatan roadshow sebagai upaya membangun komunitas pemilih cerdas dan pilkada berintegritas yang dimotori para generasi muda di daerah itu, belum lama ini.

PULAUPUNJUNG, HARIANHALUAN. COM - Komunitas Relawan Smart Milenial Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengajak segenap generasi muda di daerah itu turut mengawal integritas pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020.

Ketua komunitas tersebut, Sutan Varel Oriano, di Dharmasraya, Kamis (19/11), mengungkapkan dengan semakin dekatnya hari pungut hitung atau pencoblosan yang dijadwalkan berlangsung pada 09 Desember 2020, tentu pertarungan dalam merebut dukungan masyarakat pemilih akan semakin gencar dilakukan oleh masing-masing pasangan calon.

"Pada situasi seperti itu kerap terjadi adanya upaya pemasungan hak demokrasi masyarakat yang dilakukan oleh oknum tim pemenangan dan relawan, yang mengesampingkan tindakan upaya benar dan lebih memilih tindakan kecurangan dengan berbagai modus dan taktik demi meraih kemenangan, " ungkapnya.

Tindakan pemasungan tersebut, lanjutnya, bisa dilakukan melalui perbuatan memberi janji atau memberikan uang atau materi lainnya kepada pemilih supaya tidak menggunakan hak pilihnya atau memilih peserta Pilkada tertentu, yang biasa. Diistilahkan dengan sebutan money politic, yang hakikatnya sama dengan korupsi.

Money politic atau politik uang, lanjutnya, dianggap kebiasaan yang tidak membangun dan merusak mental mental masyarakat. Kebiasaan politik transaksional menciptakan iklim politik yang buruk yang berujung pada praktik korupsi.

“Poltik uang dalam referensinya, tidak akan mewujudkan Pilkada yang adil dan berintegritas. Tidak akan memperkuat sistem ketatanegaraan karena demokrasi dibajak melalui korupsi pemilu, serta tidak mewujudkan Pemilu yang adil dan berintegritas, tidak pula efektif dan efisien,” tegasnya.

Karena, jelasnya, politik uang cenderung mengarah pada penyalahgunaan kekuasaan kedepannya lantaran dimulai dengan transaksional, baik janji jabatan maupun imbalan lain.

“Politik uang dalam pilkada adalah korupsi pemilu yang akan menuju korupsi politik. Korupsi pemilu dengan korupsi politik, keduanya saling mempengaruhi dan berhubungan satu sama lain,” urainya.

Menurutnya, akibat yang ditimbulkan dari praktik tersebut tidak lah sesederhana yang dibayangkan, namun berujung panjang yang akan merusak tatanan pemerintahan ke depan. Jika terjadi pada Pilkada Dharmasraya, maka dipastikan pemerintahan di daerah itu akan dipenuhi dengan penyalahgunaan wewenang.

“Pembelian suara dengan sejumlah uang atau dalam bentuk apapun, dalam Pilkada pasti membutuhkan biaya yang sangat besar. Jika nanti terpilih maka hal pertama yang tebersit dalam pikirannya adalah bagaimana mengembalikan modal yang telah dikeluarkan guna memenangkan pemilihan,” tegasnya.

Ia mengimbau kepada para pihak baik penyelenggara dan peserta Pilkada Serentak di Kabupaten Dharmasraya untuk selalu menjalankan tahapan pemilihan secara fair sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat untuk berpolitik dengan benar, bukan transaksional.

“Ini tugas semua komunitas masyarakat untuk memberitakan dengan terbuka bahaya bagi kita semua jika menerima tindak politik uang,” pungkasnya. 

Sebelumnya, mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Febri Diansyah, di Dharmasraya, mengatakan praktik politik uang pada dasarnya adalah sebuah perbuatan tercela karena telah mengotori hak kedaulatan rakyat dalam menentukan pilihan.

"Akibatnya masyarakat terancam tidak akan memperoleh pelayanan maksimal yang menjadi haknya dan keuangan negara menjadi tersandera oleh kepentingan segelintir oknum yang ingin memanfaatkan kekuasan demi memenuhi kepentingan pribadi dan kelompok," ulasnya.(*)

 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]