MTQ Nasional XXVIII di Sumbar Bakal Ditutup Wapres Ma'ruf Amin


Kamis, 19 November 2020 - 10:48:38 WIB
MTQ Nasional XXVIII di Sumbar Bakal Ditutup Wapres Ma'ruf Amin Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi mengatakan, sejak awal sangat mengharapkan masyarakat Sumbar mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXVIII di Sumbar ini secara online. Bisa dilihat saat pembukaan ada 400 ribu.

"Artinya animo masyarakat cukup besar, dan event ini akan ditutup oleh Wapres Ma'ruf nanti," kata Juraidi saat pertemuan di Media Center Sekretariat MTQ Nasional XXVIII kompleks Masjid Raya Sumbar, kemarin.

Disamping itu, Juraidi mengajak masyarakat mendengar informasi resmi melalui media centre sebagai sumber informasi. Sebab banyak informasi diperkeruh, maka perlu selektif.

"Luar biasa lagi, setiap harinya diumumkan siapa yang menduduki nilai tertinggi. Jadi lebih maju," tekan Juraidi.

Begitu pula untuk panitia pusat, Juraidi melihat mereka bertanggungjawab dalam proses perekrutan dewan hakim dan peserta termasuk teknis lomba. Dia menambahkan terkait juri, pihaknya sudah memiliki  mekanismenya.

"Dewan hakim diambil dari usulan LPTQ setiap provinsi 4 orang. Disana ada unsur LPTQ  Nasional, dibentuk SK menteri Agama. 70% dari LPTQ provinsi se-Indonesia dan diusulkan pusat 30% pusat," jelas Juraidi.

Selain itu ada unsur BP3 nasional. Presentasenya 32% dari LPTQ nasional, 68% daerah. Bahkan ada jua keterwakilan gender, minimal 25% untuk gender.

"Yang jelas, lanjutnya seluruh provinsi maksimal 4. Kita menempatkan sesuai keahlian para dewan hakim," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]