Luar Biasa, Warga Riau Dapat Distribusi Air Langsung Bisa Diminum


Kamis, 19 November 2020 - 12:19:06 WIB
Luar Biasa, Warga Riau Dapat Distribusi Air Langsung Bisa Diminum Gubernur Riau, Syamsuar melakukan Grounbreaking SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Kamis ini (Haluanriau.co)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Warga Pekanbaru dapat akses aliran air minum tanpa perlu dimasak lagi. Jariangan pipa yang terbang hingga ke Kampar itu juga membawa keberuntungan bagi warga Kampar, Riau.

 Akses air langsung minum layak tanpa dimasak,  dimulai melalui pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kapasitas 1.000 Liter perdetik, yang akan mulai dibangun pada awal 2021 mendatang, dan akan dialirkan ke rumah masyarakat pada tahun 2022.

Gubernur Syamsuar, langsung Grounbreaking SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini, Kamis (19/11), di Hotel Pengeran Pekanbaru, yang juga dihadiri oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementrian PUPR, Agus Rudianto, Walikota Pekanbaru Firdaus, dan Bupati Kampar, Catur Sugeng.

“SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini, akan melayani lebih kurang sebanyak 624.000 jiwa atau 102.000 sambungan rumah, di 5 Kecamatan yaitu, Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu dan Tambang, dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan menajdi 5%, dimana sumber air bakunya dari Sungai Kampar,” ujar Gubri.

Dijelaskan Gubri, Investasi ini investasi mandiri yang seluruh pembiayaanya dari Capex perusahaan PT PP Tirta Riau, yang sebelumnya dimiliki oleh konsorsium PPMV. Investasi yang di gelontorkan oleh PT PP Tirta Riau sebesar Rp2 Triliun.

“SPAM ini direncanakan melayani kebutuhan pelangan Rumah Tangga maupun non rumah tangga, yang memiliki output standar kualitas air minum sampai ke pelanggan dengan pelayanan 24 jam perhari. Pengerjaan akan dimulai pada tahun 2021 dan akan mengalir sampai dirumah pelanggan secara bertahap mulai tahun 2022,” kata Gubri.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara PT PP Tirta Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar dan PT Sarana Pembangunan Riau melalui Divisi air cikal bakal terbentuknya BUMD Air Provinsi Riau.(*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]