Klaim Terbaru Pfizer, Revisi Efektivitas Vaksin Covid-19 Buatannya Jadi 95 Persen!


Kamis, 19 November 2020 - 12:30:09 WIB
Klaim Terbaru Pfizer, Revisi Efektivitas Vaksin Covid-19 Buatannya Jadi 95 Persen! Ilustrasi vaksin

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ini kabar baru yang mengejutkan dari Pfizer soal vaksin Covid-19 bikinannya. Jika sebelumnya vaksin mereka diklaim 90 persen efektif, sekarang mereka mengklaim 95 persen efektif.

Keterangan ini keluar pada 18 November 2020. Klaim 95 persen efektif itu bahkan telah melewati pemeriksaan keamanan yang ketat.

Menurut laporan HuffPost, data 90 persen efektif yang sebelumnya diklaim BioNTech dan Pfizer itu didasarkan pada 94 sukarelawan pertama yang mengembangkan Covid-19. Namun, data terbaru mereka yaitu 95 persen didasarkan pada 170 kasus virus pertama dalam uji klinis.

Vaksin Covid-19 Pfizer dan BioNTech itu sendiri sudah diuji pada 43.500 orang di enam negara dan tidak ada laporan masalah soal keamanan yang dikemukakan. Inggris sendiri sudah mendapatkan total 40 juta dosis vaksin Covid-19 ini dengan 10 juta dosis akan tersedia pada akhir tahun 2020 jika disetujui.

Klaim yang dikeluarkan perusahaan tersebut adalah setiap orang akan membutuhkan dua dosis vaksin Covid-19. Ini artinya vaksin yang tersedia yaitu 40 juta dosis hanya diperuntukan untuk 20 juta orang.

Di sisi lain, Perusahaan Farmasi Modena pun punya klaim menarik soal vaksin Covid-19 buatan mereka. Ya, perusahaan ini menyakini vaksin Covid-19 mereka efektivitasnya 94,5 persen, nyaris 95 persen.

Sementara itu, vaksin Covid-19 Pfizer sendiri terbukti menghasilkan respons antibodi dan sel-T dalam tubuh untuk melawan virus SARS-CoV2. Pfizer dan BioNTceh pun berharap dapat memproduksi hingga 50 juta dosis vaksin secara global pada 2020 dan 1,3 miliar dosis pada 2021.

Vaksin Covid-19 Pfizer memiliki karakter yaitu mesti disimpan di udara super dingin yaitu minus 70 derajat celsius sebelum akhirnya disuntikkan ke manusia. Namun, vaksin bisa disimpan pada suhu yang lebih hangat dalam kurun waktu dua hari sebelum digunakan.

Dengan karakteristik seperti itu, berarti vaksin Covid-19 Pfzier dan BioNTech dapat diberikan dua hari setelah pengiriman, tanpa memerlukan sistem pendinginan baru. (*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]