Tok! Jerinx Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara, Ayahanda Teriak Merdeka!


Kamis, 19 November 2020 - 13:27:19 WIB
Tok! Jerinx Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara, Ayahanda Teriak Merdeka! Ayahanda Jerinx, Wayan Arjono di PN Denpasar.

DENPASAR, HARIANHALUAN.COM - I Gede Ari Astina atau Jerinx SID di vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar 1 tahun 2 bulan penjara. Ayahanda Jerinx, Wayan Arjono bicara soal keadilan.

"Yang harus kita lakukan yang terbaik," kata Wayan Arjono usai sidang vonis Jerinx di PN Denpasar, Bali, Kamis (19/11/2020).

Wayan Arjono menilai hukum yang berjalan sudah bagus. Namun, dia berharap ke depan lebih bagus.

"Karena ini hukum sudah berjalan dengan bagus, mari kita ke depan kalau anda mau keadilan ya kita harus suarakan keadilan itu, saya juga berjuang, cuma keadilan kalau sekarang saya lihat bagus, mungkin ke depan lebih bagus. Merdeka!" ujarnya sambil mengepalkan tangan.

Majelis hakim telah menjatuhkan vonis terhadap I Gede Ari Astina alias Jerinx SID dalam kasus ujaran 'IDI kacung WHO'. Jerinx divonis 1 tahun 2 bulan penjara.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu selama 1 tahun dan 2 bulan dan pidana denda sejumlah 10 juta rupiah dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti kurungan 1 bulan," ujar Ketua Majelis Hakim Ida Ayu Adnyana Dewi di PN Denpasar, Kamis (19/11/2020).

Jerinx yang berkonsultasi dengan penasihat hukum menyatakan akan pikir-pikir untuk banding atau tidak. "Kami milih untuk berpikir terlebih dahulu," kata Jerinx dalam sidang, Kamis (19/11/2020).

Jerinx memiliki waktu satu minggu untuk menentukan sikapnya atas vonis itu. Sementara, JPU juga menyatakan akan pikir-pikir soal vonis hakim.

Untuk diketahui, PN Denpasar membatasi jumlah penonton sidang yang hadir tak boleh lebih dari 20 orang. Jerinx hadir langsung dalam sidang yang digelar di PN Denpasar, Jl PB Sudirman, Denpasar Barat, Kota Denpasar itu.

Jerinx SID sebelumnya dituntut 3 tahun penjara dan denda Rp 10 juta. JPU menilai terdakwa Jerinx SID telah melakukan tindak pidana ujaran kebencian atas postingan 'IDI kacung WHO'. Jaksa penuntut umun mengacu pada UU ITE.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan dikurangi selama terdakwa ada dalam tahanan dengan perintah tetap berada dalam tahanan," kata JPU Otong Hendra Rahayu dalam pembacaan tuntutan, Selasa (3/11).

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]