KPU Sumbar Berikan Sosialiasi Pilkada Kepada Pemilih Disabilitas 


Kamis, 19 November 2020 - 16:07:11 WIB
KPU Sumbar Berikan Sosialiasi Pilkada Kepada Pemilih Disabilitas  KPU Sumbar Berikan Sosialiasi Pilkada Kepada Pemilih Disabilitas

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka memberikan pelayananan maksimal kepada kelompok Disabilitas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat berikan pentunjuk atau sosialisasi kepada yang bersangkutan untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

"Kami mengupayakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bisa diakses oleh disabilitas agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya sebagai kewarganegaraan Indoensia," ujar Komisioner, Irwaryani, Kamis (19/11/2020).

Pada kesempatan sosaliasasi itu, Izwaryani fokus menerangkan terkait penerapan protokol kesehatan dalam melakukan pemilihan, baik ketika sedang menunggu panggilan, memilih dan usai melakukan pencoblosan, yang semuanya harus mengikuti aturan standarisasi kesehatan WHO.

"Bagi pemilih yang suhunya diatas 37,3 drajat celcius, maka disedikan bilik khusus. Kalau ada yang diisolasi mandiri di rumah, maka petugas TPS kita akan mendatangi dari jam 12 yang mereka harus melapor," sebutnya.

Pada kesempatan itu, Elvi Yenita Ketua HWDI Sumbar juga memberikan motivasi kepada kelompok disabilitas yang hadir dalam kegiatan sosialisi itu. Karena keterbatasan bukanlah hambatan untuk berpartisipasi dalam pemilu.

"Salah satu presiden kita ada yang dari kelompok disabilitas. Hal ini bisa menjadi motivasi, kita juga bisa jadi panitia dalam penyelenggaraan Pemilu," tuturnya.

Kemudian terkait dalam pemilihan nantinya, beberapa saran kepada KPU untuk bisa mengusahakan akses bagi pemilihan kita memiliki kekurangan, baik kekurangan komunikasi pendengaran, tidak bisa bicara dan lainnya.

"Ini yang jadi problem kita selama ini. Pada pemilihan sebelumnya, misalnya teman kita yang kurang dalam hal pendengaran, KPU untuk bisa memberitahukan kepada petugas TPS nya bahwa ada pemilih disabilitas," tandasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]