Ancam Keselamatan Jiwa, Masyarakat Sibintayan Desak Pemkab Pasaman Bangun Jembatan Permanen


Kamis, 19 November 2020 - 16:27:25 WIB
Ancam Keselamatan Jiwa, Masyarakat Sibintayan Desak Pemkab Pasaman Bangun Jembatan Permanen Beberapa warga terpaksa menggotong sepeda motor ketika melintasi jembatan Limpas, sungai Batang Air Baka Simpik.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat Sibintayan, Nagari Muarotais Koto Gadang, Kecamatan Mapattunggul, mengharapkan Pemkab Pasaman, bergerak cepat membangun jembatan di sungai Batang Air Baka Simpik, sebelum jatuh korban. 

Jembatan Limpas, sungai Batang Air Baka Simpik di Jorong Sibintayan ini  menghubungkan sejumlah kejorongan di nagari tersebut, yakni Jorong Betung Busuk, Sibintayan menuju Jorong Kubu Baru dan Jorong Soma.

"Kondisi jembatan saat ini sangat berbahaya bagi keselamatan orang. Karena bukan jembatan sebagaimana seharusnya," ujar salah seorang tokoh masyarakat setempat, Roni Paslah, Kamis (19/11/2020).

Roni menambahkan, sungai yang memiliki lebar kurang lebih 15 meter itu sangat riskan untuk dilewati. Untuk itu, ia dan masyarakat setempat berharap Pemkab Pasaman segera membangun jembatan permanen. 

"Kalau polongan di jembatan itu tersumbat maka air akan meluap ke atas jalan (jembatan) yang memiliki tinggi kurang lebih 1 meter dari dasar sungai," katanya. 

Sementara Anggota DPRD Pasaman, yang merupakan putera Mapattunggul, Yulisman mengatakan, apabila musim hujan maka jembatan itu tidak bisa dilalui seluruh jenis kendaraan.

"Bahkan di jembatan ini pernah kejadian kendaraan roda dua masyarakat yang hanyut ketika melintasi sungai," ujarnya. 

Sebagai wakil rakyat dan putera kelahiran Mapattunggul, ia memiliki tanggungjawab untuk memperjuangkan pembangunan jembatan permanen di daerah yang masih terisolir dan terpencil di Kabupaten Pasaman itu. 

"Kita sudah mengusulkan kepada pemerintah daerah melalui rapat Banggar dan TAPD, agar jembatan ini segera dibangun, karena bisa membahayakan nyawa manusia," pungkasnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]