Duh, Kasus Harian Covid-19 Melonjak di Jepang


Jumat, 20 November 2020 - 06:13:46 WIB
Duh, Kasus Harian  Covid-19 Melonjak di Jepang Riset vaksin. Net

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Jepang mencatat 2.179 kasus virus corona baru dalam 24 jam terakhir. Kekhawatiran merebak karena akan menjadi tuan rumah olimpiade.

Jepang melaporkan rekor jumlah infeksi virus corona harian pada Kamis waktu setempat (19/11/2020). Dibandingkan dengan banyak negara lain, Jepang sebenarnya telah mengendalikan virus dengan baik.

Hingga saat ini, Jepang hanya melaporkan di bawah 2.000 kematian sejak pandemi dimulai. Namun Jepang mencatat dua rekor baru kasus harian dalam minggu ini. Rekor tertinggi sebelumnya tercatat pada Sabtu lalu.

Angka tersebut masih cukup rendah dibandingkan dengan banyak tempat di seluruh dunia yang mengalami lonjakan lebih berbahaya. Namun demikian, tahun depan Jepang menjadi tuan rumah olimpiade, sehingga lonjakan kasus Covid-19 ini diharapkan bisa segera diatasi.

Perdana Menteri Yoshihide Suga mendesak penggunaan masker secara menyeluruh pada hari Kamis.

Namun demikian, dia tidak mengeluarkan imbauan dalam pembatasan perjalanan atau bisnis.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengungkapkan keprihatinannya terhadap kasus Covid-19 yang kembali melonjak di Jepang.

"Kita harus menghentikan peningkatan infeksi, apapun yang terjadi," kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike seperti dikutip dari the Associated Press.

Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach mengunjungi Jepang minggu lalu untuk membahas penyelenggaraan olimpiade 2021. Ia mengatakan, para peserta dan penonton olimpiade didorong untuk melakukan vaksinasi, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Jepang.

Rencana tersebut didasarkan pada pemikiran adanya kemungkinan penyebaran virus yang berasal dari luar Jepang. Namun hingga saat ini, belum diketahui bagaimana jika kasus Covid-19 justru melonjak di negara tuan rumah. Rencana pengendalian Covid-19 di Jepang harus dibuat mulai bulan depan atau awal 2021. (*)

 Sumber : Kompas.tv /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]