Adakan Penyuluhan Agama, Kemenag RI: Lakukan Dakwah Lewat Medsos dan Kelompok Binaan Lainnya


Jumat, 20 November 2020 - 08:36:38 WIB
Adakan Penyuluhan Agama, Kemenag RI: Lakukan Dakwah Lewat Medsos dan Kelompok Binaan Lainnya Pembinaan penyuluhan agama Islam di Kabupaten Pesisir Selatan oleh Kemenag RI

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kasubdit Penerangan Agama Islam Kementerian Agama RI, H Dasman melakukan kunjungan dalam rangka Pembinaan Penyuluh Agama Islam di Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan. Pada arahannya Kasubdit Penerangan Agama Islam Kemenag RI, H Dasman itu mengatakan penyuluh agama adalah jabatan yang mulia dan sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang mewakili Kementerian Agama.

"Penyuluh agama memiliki peran utama untuk mengurus kemaslahatan umat dan bangsa ini. Tugas penyuluh agama sangat luas. Selain itu juga berperan untuk menjaga kerukunan umat," ucapnya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Jumat (20/11).

Pada kesempatan itu, H Dasman juga mengajak seluruh penyuluh agama Islam, baik fungsional maupun Non PNS agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu, ia juga mengimbau agar penyuluh punya inovasi serta mampu memanfaatkan media sosial dalam melakukan tugas.

"Kita tidak ingin binaan penyuluh hanya seputar masjid dan mushalla saja. Namun diharapkan juga punya inovasi dalam berdakwah lewat medsos atau membentuk kelompok binaan baru," terangnya.

Sementara itu, Kasi Pengembangan PAI, Direktorat Penerangan Kemenag RI, H Amirullah selaku pemateri dalam acara pembinaan tersebut mengingatkan agar penyuluh agama di lapangan dapat mengedepankan identitas diri sebagai penyuluh. 

"Penyuluh agama ketika tampil di masyarakat harus ditampilkan juga identitasnya. Jangan sampai Da'inya saja yang di kedepankan," ujarnya.

Ia juga mengajak agar penyuluh agama bisa berpartisipasi untuk keselamatan bangsa dan negara ini. Ia menyampaikan penyuluh penting untuk agama dan juga penting untuk negara.  Kepala Kantor Kemenag Pesisir Selatan, H Abrar Munanda pada kesempatan itu memaparkan potensi penyuluh agama Islam yang ada di wilayahnya. Selain itu ia juga memaparkan serangkaian program dan inovasi yang sudah dan akan dilakukan Kantor Kemenag ke depannya.

"Kantor Kemenag Pesisir Selatan memiliki Penyuluh Fungsional sebanyak 13 orang dan Non PNS 120 orang. Berbagai upaya telah dilakukan Kemenag Pesisir Selatan," sebutnya.

Dijelaskan, beberapa upaya yang dilakukan itu antara lain menjalin kerjasama dengan lintas sektor seperti pemerintah daerah dalam bentuk kegiatan kultum lewat Radio Langkisau. Kemudian kerjasama dengan Polres Pesisir Selatan dalam bentuk pembinaan terhadap para tahanan. 

Selanjutnya, untuk 2021 pihaknya juga akan meningkatkan kinerja, menyiapkan objek penyuluhan baru seperti dengan kelompok tani, kelompok nelayan, pedagang, lansia, PKK, Posyandu dan lainnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]