Asah Kemampuan Personel, Kantor SAR Mentawai Gelar Latsarda


Jumat, 20 November 2020 - 18:14:00 WIB
Asah Kemampuan Personel, Kantor SAR Mentawai Gelar Latsarda Wabup Mentawai sematkan tanda peserta.

TUAPEJAT, HARIANHALUAN.COM - Kantor Search And Rescue (SAR) Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali mengadakan Pelatihan SAR Daerah (Latsarda) Tahun 2020, hal tersebut untuk mengasah kemampuan potensi SAR Kepulauan Mentawai.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (20-21/11), dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake di Desa Sipora Jaya, Kec. Sipora Utara.

Pada sambutanya Kortanius mengapresiasi kinerja Basarnas, khususnya personil SAR Mentawai, dalam melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban, khususnya kecelakaan kapal dan nelayan hilang kontak akibat dihantam badai di perairan laut Mentawai.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Basarnas khususnya SAR Mentawai yang bertugas melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban kecelakan kapal di Mentawai, kami dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sangat mengapresiasi kinerja Basarnas," tuturnya.

Ia menyebutkan selain personil SAR ada juga tim stakeholder terkait atau instansi vertikal lainnya yang membantu Tim SAR dalam melaksanakan tugas operasi kemanusiaan tersebut antara lain BPBD, Polri dan TNI. Menurutnya selama ini antar lembaga kebencanaan telah menjalin kerja sama yang baik dan solid.

"Harapan kita pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan kemampuan tim SAR gabungan dalam melakukan kegiatan operasi SAR, khususnya operasi di perairan laut Mentawai yang memiliki tantangan yang cukup tinggi, untuk itu pelatihan ini harus diikuti dengan serius dan diimplementasikan dalam operasi SAR," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kantor SAR Kelas B Mentawai Akmal menyebutkan bahwa pelatihan tersebut merupakan kegiatan tahunan untuk mengasah kemampuan Tim Potensi SAR untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban.

"Kalau kita di Mentawai, dari sekian banyak kejadian atau peristiwa yang paling dominan itu kecelakaan kapal mati mesin dan hilang kontak, untuk itu pelatihan SAR Daerah Tahun 2020 ini, lebih kepada operasi rescue atau penyelamatan di air," paparnya.

Ia menyebutkan kegiatan Latsarda di masa pandemi Covid-19 saat ini pihaknya tidak melakukan kegiatan di dermaga seperti tahun sebelumnya, tetapi lebih banyak melakukan kegiatan di selat laut Tuapejat, sehingga jauh dari keramaian.

"Dalam kegiatan ini kita tetap mengutamakan protokol kesehatan, untuk itu kegiatan kita adakan di perairan halaman Tuapejat, tinggal kita geser kapal sedikit ke laut, lalu di sana kita adakan pelatihan, untuk teori di atas kapal dan praktik langsung terjun ke laut," tuturnya.

Ia berharap pelatihan tersebut dapat berjalan dengan baik dan diharapkan dapat menerapkannya dalam operasi SAR, jika sewaktu waktu terjadi musibah, baik kecelakaan kapal mati mesin atau nelayan hilang kontak. Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0319 Mentawai, Danlanal Mentawai, Kapolres Mentawai, Kepala Kantor SAR Mentawai dan jajarannya dan seluruh peserta Latsarda Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2020.(*)

Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]