Pengelola Homestay di Kabupaten Pessel Ikuti Workshop 


Sabtu, 21 November 2020 - 08:31:27 WIB
Pengelola Homestay di Kabupaten Pessel Ikuti Workshop  Pengelola Homestay di Kawasan Mandeh mengikuti workshop pengelolaan homestay

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 50 orang pengelola Homestay di Kawasan Mandeh mengikuti workshop pengelolaan homestay selama 3 hari Kamis hingga Sabtu 19-21 November 2020. Anggota yang ikut terdiri dari 25 pengelola homestay dari Kabupaten Pesisir Selatan dan 25 pengelola homestay dari Kota Padang. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial. Menurutnya pengelola homestay mesti memberikan pelayanan prima sesuai standar yang ditetapkan kepada para wisatawan, sehingga mereka senang dan mau datang kembali ke daerah tersebut. Karena Kawasan Mandeh sebagai daerah tujuan wisata mesti didukung oleh infrastruktur yang memadai, seperti hotel, penginapan dan restoran dengan pelayanan berkualitas. 

"Dan untuk menilai kualitas destinasi wisata yang baik, maka sangat ditentukan oleh lamanya orang tinggal di suatu tempat. Semakin lama orang tinggal di suatu tempat, semakin banyak pula uang yang dibelanjakan dan semakin banyak pula orang yang menikmatinya," ujarnya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Sabtu (21/11).

Menurutnya sekarang yang dijual adalah keramahan, karena potensi wisata yang dimiliki tidak diragukan lagi keindahannya. Satu hal yang perlu dilakukan untuk itu adalah mendidik masyarakat agar bersikap santun supaya tamu yang datang merasa nyaman.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Destinasi dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Doni Hendra kegiatan ini adalah program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dengan tujuan untuk memberi dorongan dan motivasi agar bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung kegiatan kepariwisataan di daerahnya.

Menurutnya Pemberdayaan masyarakat di kawasan pariwisata perlu selalu dilakukan, agar seiring berkembangnya destinasi wisata maka  pola dan tingkah laku masyarakat juga harus membaik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

"Pemkab tak henti-hentinya memberikan pendampingan kepada kelompok masyarakat sebagai pelaku utama dalam pengelolaan kawasan pariwisata ini. Salah satunya adalah pembinaan bagi masyarakat pengelola homestay," ujarnya.

Pada pelatihan ini pengelola homestay diberikan pemahaman terkait pengelolaan homestay dan strategis  pemasaran homestay mengunakan teknologi digital dan membuat paket paket wisata.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]