Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari, DPR Sampaikan Dukungan Penuh


Sabtu, 21 November 2020 - 19:40:04 WIB
Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari, DPR  Sampaikan Dukungan  Penuh Ilustrasi. (dok.Harianhaluan.com)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri pemerintah membolehkan sekolah melakukan pembelajaran tatap muka mulai Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2029, Januari 2021.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendukung rencana pembukaan belajar tatap muka di seluruh sekolah kitu.

"Kami dari Komisi 10 menyetujui dibukanya belajar mengajar pada Januari, tentu dengan protokol kesehatan yang ketat di sekolah kita masing masing," kata Syaiful dalam pernyataan visual yang dikirimkan kepada Jurnalis Kompas TV Ihsan Sitorus, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Syaiful, terdapat tiga alasan komisi yang membidangi pendidikan ini mendukung langkah pemerintah untuk membuka sekolah tatap muka.

Pertama, hasil survei yang menyatakan bahwa kita mengalami learning loss, proses pembelajaran tidak maksimal. Kedua, hasil evaluasi Komisi X selama 8 bulan terakhir, pembelajaran jarak jauh tidak bisa berjalan dengan maksimal.

"Rata-rata di seluruh Indonesia. Kami tanya kepala sekolah, pembelajaran jarak jauh hanya terselenggara 30 persen. Ini artinya tidak berjalan baik," kata Syaiful.

Ketiga, Komisi X mendapati banyak siswa menjadi pekerja serabutan di berbagai tempat, karena orangtuanya kesulitan ekonomi. Jika ini dibiarkan terus, kata Syaiful, para siswa bisa kehilangan semangat sekolah. Itulah beberapa alasan yang disimpulkan Komisi X agar sekolah harus dibuka kembali secepatnya.

Namun begitu, Komisi X juga menekankan pembukaan sekolah harus dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Protokol kesehatan yang ketat ini harus disiapkan sekolah dengan baik berkerja sama dengan pemerintah daerah setempat. (*)

 Sumber : Kompas.tv /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]