Sempat Minus, Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Kini Mulai Tumbuh Positif


Ahad, 22 November 2020 - 14:03:31 WIB
Sempat Minus, Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Kini Mulai Tumbuh Positif Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona atau Covid-19 sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di sejumlah daerah, termasuk di Sumbar. Bahkan sempat minus, meski demikian menuju penghujung tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Sumbar kini kulai tumbuh positif.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada kegiatan Pariwisata Awad, baru-baru ini.

"Alhamdulillah data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar yang dirilis Minggu lalu, Sumbar sudah positif pertumbuhan ekonominya sebelumnya minus," ujar Irwan.

Sehingga sebut Irwan, Sumbar membuka ruang untuk ekonomi bergerak karena itulah esensi dari new normal. Kembali seperti normal tetapi pakai masker, maka masyarakat tetap bisa bekerja, berdagang, ke masjid dengan pakai masker.

"Itu saja, insyaAllah semuanya bisa terkendali," ujar pria yang akrab disapa IP itu.

Namun diluar itu, tambah Irwan, pihaknya sebagai pemerintah sampai saat ini bersama Bupati/Walikota tetap melaksanakan 4 (empat) hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah, yakni testing, tracking, karantina, isolasi.

"Tempat rumah sakit pun kita siapkan, alhamdulillah sampai hari ini kita masih cukup menangani dan memadai dan mengendalikan Covid-19, yang sembuh sudah lebih 90 persen, kematian dibawah 2 persen," ujar Irwan.

Dengan Covid-19 ini, Irwan berpesan masyarakat tidak boleh mengalah dan menyerah harus tunjukkan Sumbar pada Petahelic Pariwisata dan pelaku wisata untuk tetap melaksanakan kegiatan yang menggerak ekonomi yang membuat Sumbar produktif dan positif.

"Jangan mengalah dengan kita diam di rumah dan tiak bisa buat apa-apa. Dua Minggu ini bergerak ekonomi karena MTQ, insyaAllah menambah kebaikan buat kita," ulas Irwan.

Lebih lanjut, kata Irwan, Sumbar harus fokus ke pariwisata karena yakin wisata akan menggerakkan ekonomi dan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan perkapita, pengangguran berkurang, kemiskinan berkurang, serta mensejahterakan masyarakat.

"Kita di Sumbar itulah prioritasnya, daripada masyarakat ditahan di rumah, bantuan sosial pun tidak mencukupi, sehingga menjadi tidak produktif," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]