Pengamat Sebut Stabilitas Nasional Memanas, Ini yang Harus Dilakukan Jokowi


Senin, 23 November 2020 - 02:07:21 WIB
Pengamat Sebut Stabilitas Nasional Memanas, Ini yang Harus Dilakukan Jokowi Presiden Joko Widodo

BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan Yusuf meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera turun tangan dan memberi ketenangan kepada masyarakat terkait kondisi stabilitas nasional yang saat ini yang cenderung memanas.

"Presiden harus segera tampil, jangan sampai terlambat merespons kondisi stabilitas nasional saat ini. Apalagi terkesan ada benturan antar masyarakat atau dengan TNI," kata Asep Warlan, Minggu (22/11/2020).

Ketegangan stabilitas nasional, tak hanya terjadi di kehidupan nyata, tetapi juga di media sosial. Ketegangan di media sosial antar kelompok, sangat menguat. Dikhawatirkan, bila dibiarkan akan mengganggu masyarakat.

"Presiden harus segera melakukan komunikasi dan dialog dengan semua pihak, termasuk dengan Habib Rizieq Shihab. Cara dialog lebih elegan untuk duduk bersama, mengatasi pandemi ini," beber dia.

Kondisi ini, kata dia, jangan seolah dibiarkan atau bahkan dibenturkan antar pihak. Apalagi membenturkan aparat keamanan dengan organisasi kemasyarakatan. Tetapi mestinya, duduk bersama mengatasi masalah bangsa saat ini.

"TNI juga haris back to barak, jangan tampil seolah ikut mengurusi masalah politik. Serahkan kepada Polri dan Satpol PP. Kalau mereka sudah tidak sanggup, bisa minta bantuan TNI. Jadi tidak terkesan menunjukan kekuatan," beber Asep.

Langkah selanjutnya yang mesti diambil presiden adalah memastikan bahwa semua aturan berlaku kepada semua pihak, terutama terkait protokol kesehatan di tengah pendemi. Jangan biarkan masyarakat membanding-bandingkan.

Asep berkeyakinan, bila dialog dan komunikasi berjalan bagus, masyarakat pasti akan mengerti atas kondisi saat ini. Masyrakat juga menginginkan agar pandemi cepat berlalu dan kondisi kembali normal.(*)

 Sumber : sindonews.com /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]