UKM Koperasi Mahasiswa Politani Payakumbuh adakan Pelatihan Perkoperasian dan TCO


Senin, 23 November 2020 - 07:38:53 WIB
UKM Koperasi Mahasiswa Politani Payakumbuh adakan Pelatihan Perkoperasian dan TCO Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani Payakumbuh), Minggu (22/11/2020), mengadakan kegiatan Pelatihan Perkoperasian dan Training Cadre Organizatin (TCO).

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani Payakumbuh), Minggu (22/11/2020), mengadakan kegiatan Pelatihan Perkoperasian dan Training Cadre Organizatin (TCO).

Kegiatan ini merupakan suatu program kerja dari bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM). Kegiatan ini untuk membangun jiwa wirausaha pada mahasiswa.

Acara diadakan di ruang teater, Gedung Kuliah Kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, dengan tema “Bersama Koperasi Mahasiswa, Lahirkan Wirausaha Muda”.

Dalam kesempatan itu tampil tiga narasumber yaitu:

1. Husnul Fikri Novel merupakan Area Vice President Genpro Sumatera Barat dan Korwil Ikosindo Sumatera Barat, dengan topic materi “Peran Koperasi Mahasiswa dalam Mewujudkan Wirausaha Muda”.

2. Mega Amelia Putri, SP, M.Si merupakan Staf Pengajar Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dan Pembimbing Koperasi Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, dengan topic materi “Eksistensi Koperasi Mahasiswa, Bergerak dan Wujudkan Perubahan”.

3. Nurmasdi, M., S.Ag merupakan Pllt. Kabid Kelembagaan dan Pengawas Koperasi, Dinas Perdagkopukum 50 Kota, dengan topic materi “Merintis Bisnis Bersama Koperasi”.

Ketua pelaksana Niken Kumala Pratama, menyatakan, kegiatan ini dihadiri oleh 43 orang, terdiri atas pengurus, perwakilan mahasiswa dari 11 program studi yang ada di Politani Payakumbuh, serta undangan lainnya.

Ketua pelaksana menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa dapat menimbulkan jiwa-jiwa berwirausaha yang lebih tinggi setelah mengikuti pelatihan ini.

Ketua Umum Koperasi Mahasiswa AR. Arif Hasibuan, menyampaikan beberapa tujuannya terhadap tema dari program kerja yang diusung “Bersama Koperasi Mahasiswa, Lahirkan Wirausaha Muda” adalah sebagai berikut:

1. Mengharapkan terhadap semua perserta yang hadir dapat mengetahui semua tentang perkoperasian.

2. Mengharapkan pengurus dan anggota serta peserta dapat berpatisipasi besar terhadap program kerja ini.

3. Mengharapkan setelah melakukan pelatihan ini mahasiswa dapat mengembangkan pikirannya untuk membuat suatu usaha.

Presiden mahasiswa yang diwakilkan oleh Wakil Presiden Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Ilham Apreza, juga hadir dan menyampaikan harapannya agar setiap peserta yang hadir dalam pelatihan perkoperasian dan TCO ini dapat mengetahui lebih banyak tentang koperasi dan kepengurusan dari koperasi mahasiswa.

Dikarenakan koperasi mahasiswa ini merupakan unit kegiatan mahasiswa di kampus harapannya kegiatan ini dapat terus berlanjut, terus melakukan pengkaderan, dan tetap teruskan pelatihan terhadap calon kepengurusan baru.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Direktur 3 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Ir. Darmansyah, MP sebagai wakil bagian kesiswaan di kampus sekaligus melakukan pembukaan terhadap kegiatan Pelatihan Perkoperasian dan TCO ini.

Dia menyampaikan rasa bahagia diundang di acara ini, dan memberikan apresiasi pada kegiatan ini karena sangat membantu dalam memberikan pembelajaran yang bagus untuk mahasiswa yang ada dikampus, juga koperasi dapat memberikan bantuan kepada mahasiswa yang keterbatasan dalam pembayaran uang kuliah yang mana sesuai dengan slogan koperasi mahasiswa “Bersama Kopma, Mahasiswa Sejahtera”.

Adapun harapan dari bapak Wadir 3 terhadap koperasi mahasiswa dijadikan sebagai koperasi yang menggunakan system syariah bukan lagi koperasi kapitalis.

“Mari berpikir dengan baik, dan mari berbuat dengan baik agar koperasi kita dapat berjalan dengan baik, dan berusaha dapat menghindari dari koperasi kapitalis dan berpindah ke sistem koperasi syariah,” ujar Wadir 3 setelah melakukan pembukaan kegiatan.

Kegiatan Pelatihan Perkoperasian dan TCO ini berjalan dengan khidmat dan tetap melakukan protokol kesehatan.

Pelaksanaan kegiatam ini diakhiri dengan penyerahan plakat kepada masing-masing narasumber dan pemberian hadiah kepada peserta pelatihan perkoperasian dan TCO yang aktif.(*)

 Sumber : rilis /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]